Resep Kue Moci

Resep Kue Moci

Resep Kue Moci

Resep Kue Moci
Resep Membuat Aneka Kue Moci Kacang Khas Sukabumi yang Kenyal dan Nikmat - Siapa yang tidak mengenal dengan jajanan pasar kue moci? Ya, betul, kue mochi adalah salah satu kue tradisional khas Negara Sakura yang terbuat dari beras ketan yang di haluskan dengan ditumbuk sehingga teksturnya lembut serta lengket, kemudian di bentuk bulat-bulat berukuran sedang. Kue Moci mempunyai tekstur yang lembut dan kenyal, maka dari itu ketika kita menyantapnya akan terasa lembut di lidah.

Pembuat moci terbesar di indonesia adalah di daerah Sukabumi, di sepanjang jalanan kota Sukabumi bunda tidak akan sulit menemukan penjual moci, karena hampir di setiap pinggir-pinggir jalan sampai yang menjual asongan di setiap lampu pun banyak.

Apabila bunda mau mencoba kekenyalan dari kue mochi ini, bunda bisa membuatnya sendiri di rumah, selain mudah kebersihan juga akan terjaga apabila kita sendiri yang membuatnya, dan berikut Aneka Resep Kue Moci yang kenyal dan enak

Resep Membuat Kue Moci Green Tea, Moci Ketan Hitam, Moci Wijen

Bahan - Bahan kulit Untuk 1 Resep
  1. Tepung ketan putih sebanyak 150 gram
  2. Tepung ketan hitam sebanyak 50 gram
  3. Gula pasir sebanyak 50 gram
  4. Garam halus sebanyak ¼ sendok teh
  5. Air biasa sebanyak 100 ml
  6. Minyak goreng sebanyak 1 sendok makan
  7. Tepung maizena sebanyak 10 gram
  8. Vanili bubuk sebanyak ½ sendok teh
  9. Air panas sebanyak 50 ml

Cara Membuat Kue Moci
  • Campurkan 150 gram tepung ketan, dengan 50 gram gula pasir, ¼ sendok teh garam, ½ sendok teh vanili bubuk, lalu aduk rata, dan tambahkan 1 sendok makan minyak, aduk rata kembali.
  • Pada wadah lain larutkan 10 gram tepung maizena dengan 50 ml air (dari 100 ml air biasa) lalu aduk rata, kemudian tuangkan 50 ml air panas, aduk sampai rata.
  • Setelah itu masukkan ke dalam campuran tepung tadi, aduk rata, lalu tambahkan sisa air biasa sedikit demi sedikit hingga adonannya kalis, kemudian diamkan adonan selama 10 menit sambil di tutup plastik.
  • Ambil adonan sedikit pipihkan lalu isi dengan filling kemudian bentuk bulat dan kukus di atas api sedang serta di dalam kukusannya alasi dengan daun pisang selama kurang lebih 10 menit.
  • Angkat secara perlahan dengan menggunakan spatula kecil yang sudah diolesi minyak. Kerjakan secara cepat supaya kulit mochi kelembaban nya terjaga, karena jika terlalu lama kukusannya dibuka nanti kulit akan cepat kering dan berakibat bahan baluran susah untuk menempel.
  • Langsung gulingkan di atas bahan taburan seperti moci maizena sangrai, moci wijen atau moci kelapa kering kasar.

Resep Filling Kacang Hijau atau Isian Moci Kacang Hijau


Bahan Filling Mochi kacang hijau (untuk 1 resep adonan kulit)
  1. Kacang hijau kupas, sebanyak 150 gram lalu rendam selama 2 jam
  2. Susu cair sebanyak 100 ml
  3. Gula pasir sebanyak 75 gram
  4. Garam sebanyak ¼ sendok teh

Cara Membuat Filling Moci Kacang Hijau
  • Kukus 150 gram kacang hijau yang sudah di rendam selam 30 menit hingga mekar, lalu panaskan 100 ml susu cair, ¼ sendok teh garam, 75 gram gula pasir, dan 150 gram kacang hijau yang sudah di kukus, kemudian masak sambil terus diaduk hingga kalis, angkat dan dinginkan.
  • Setelah dingin bentuk seperti bola-bola kecil dan, sisihkan.

Resep Filling Ganache Coklat atau Isian Moci Ganache Cokelat


Bahan Filling Mochi Ganache Coklat (untuk 1 resep adonan kulit)
  1. Mentega tawar sebanyak 25 gram
  2. Krim kental sebanyak 50 ml
  3. Kopi bubuk instan secukupnya
  4. Dark cooking cokelat sebanyak 200 gram

Cara Membuat Filling Mochi Ganache Coklat
  • Panaskan 25 gram mentega tawar, lalu tambahkan 50 ml krim kental, kopi bubuk instan secukupnya dan 200 gram dark cooking cokelat, kemudian aduk rata hingga coklatnya larut, angkat dan dinginkan di dalam freezer sebentar.
  • Setelah dingin bentuk seperti bola-bola kecil, dan sisihkan.

Resep Filling Kacang Tanah atau Moci isi Kacang Tanah


Filling kacang tanah
  • Kacang tanah secukupnya lalu kupas kemudian sangrai dan blender lagi panas-panasnya dengan sedikit gula agar mudah dibulat-bulatkan

Untuk kue mochi ketan hitam aku memakai campuran ketan hitam, dan untuk mochi greentea aku memakai bubuk greentea sedikit, serta untuk moci yang lainnya aku memakai ketan putih saja.
Untuk bahan isiannya moci ini aku pake kacang ijo kupas, ganache cokelat, dan blenderan kacang tanah plus gula.
Untuk bahan baluran permukaan mochi bisa di sesuaikan menurut selera. Kalo aku menggunakan tepung maizena sangrai sebagian, moci wijen, moci greentea (yang greentea ini rasanya agak sedikit pahit, di sarankan jangan memakai taburan atau baluran greentea pada permukaan moci) dan kelapa kering. maka dari itu resep di atas bisa modifikasi sesuai selera bunda masing-masing.


Gambar di atas adalah cara mengisi ganache ke dalam kulit mochi, dan untuk pembuatan mochi coklat, setelah di kukus mohon biarkan dingin terlebih dahulu, kemudian dicelupkan ke dalam dark cokelat leleh, dinginkan di dalam freezer sebentar.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai