Resep Membuat Cakwe Goreng. Bikin di Rumah Sendiri Lebih Maknyoosss!

Resep Membuat Cakwe Goreng. Bikin di Rumah Sendiri Lebih Maknyoosss!

Resep Membuat Cakwe Goreng. Bikin di Rumah Sendiri Lebih Maknyoosss!

Membuat Cakwe Goreng
Bikin Cakwe Goreng – Cakwe ini adalah salah satu jajanan yang cukup fimiliar di masyarakat. Karena cakwe ini Bisa kita dapatkan dengan membelinya, biasanya bisa kita temui setelah magrib di pinggir-pinggir jalan tepatnya di pusat kota. Dan bisanya cakew ini di sajikan dengan saus sambal atau saus kacang pedas dan gurieh eummm maknyoss. Selain itu biasanya cakwe biasa di sajikan dengan bubur ayam di pagi hari.

Di karnakan aku sering di suruh sama suami dan ayah setelah magrib untuk membelikan mereka cakwe, untuk cemilan sambil nonoton tv katanya, akhirnya aku googling mencari Cara Membuat Cakwe ini, lalu aku coba membuat di rumah dan alhamdullilah suami, anak-anak serta ayah aku menyukainya.

Apakah bunda pembaca setia INIRecipes menyukai dengan cemilan yang satu ini?... Cakwe Medan!... apabila bunda menyukainya, bunda bisa bunda buat sendiri di rumah dengan resep cakwe di bawah ini.

Cakwe Goreng


Bahan-Bahan
  1. Tepung terigu serba guna sebanyak 240 gram
  2. Softened butter sebanyak 2 sendok makan (bukan mentega yang di lelehkan bund, ya)
  3. Susu bubuk sebanyak 1 sendok makan
  4. Telur ayam sebanyak 1 butir
  5. Baking powder sebanyak 1 ½ sendok teh
  6. Garam sebanyak ½ sendok teh
  7. Air sebanyak 50 cc (atau bisa bunda sesuaikan tergantung dari kelembaban ruang dapur bunda masing-masing untuk mendapatkan adonan kalis)
Cara Membuat Cakwe Goreng
  • Masukkan 240 gram tepung terigu dengan ½ sendok teh garam, 1 sendok makan susu bubuk, 1 ½ sendok teh baking powder, 2 sendok makan mentega dan 1 butir telur kedalam wadah, lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sambil di beri air sedikit-sedikit. (apabila di rumah tidak ada mixer, bisa bunda uleni dengan tangan)
  • Uleni adonan cakwe hingga kalis, lalu bentuk dengan memanjang dan simpan di atas nampan kemudian tutup dengan plastik dengan rapat, seperti terlihat di (gambar no.2), dan simpan di dalam lemari es semalaman.
  • Keesokan harinya buka penutup plastik tersebut dan biarkan selama 1-2 jam pada suhu ruangan hingga adonan kembali pada suhu normal.
  • Potong-potong adonan dengan lebar masing-masing 3 cm, dan tumpuk adonan menjadi masing-masing dua lapis. Seperti yang terlihat pada (gambar no.3)
  • Setelah itu tekan pada bagian tengahnya menggunakan sumpit kayu, seperti terlihat pada (gambar no. 4)
  • Dan tarik di kedua ujung adonan sampai memanjang
  • Panaskan minyak goreng di atas wajan, lalu goreng di atas api sedang sampai rwarnanya menjadi coklat keemasan atau hingga matang. Angkat dan tiriskan.
Kini Kue cakwe goreng enak sudah siap di sajikan dengan saus sambal kesukaan bunda masing-masing sambil lihat acara tv Favorite D’Academy pasti ya acara kesukaan bunda atau penikmat sinetron turki hehehe....

Cara Membuat Cakwe Goreng

Selamat mencoba bund ya..! Bantu bagikan resepnya keteman bunda yang lain, semoga dapat membantu.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai