Resep Membuat Es Kacang Merah. Yang Lembut, Manis, dan Menyegarkan!

Resep Membuat Es Kacang Merah. Yang Lembut, Manis, dan Menyegarkan!

Resep Membuat Es Kacang Merah. Yang Lembut, Manis, dan Menyegarkan!

Es Kacang Merah
Es Kacang Merah - Kacang merah ini sangat baik untuk kesehatan di antaranya dapat menjaga kesehatan jantung, menguatkan tulang, mencegah dari penyakit diabetes, mengatasi gangguan pencernaan, dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dapat meningkatkan energi, dan lain-lain. Selain itu kacang merah memiliki rasanya yang empuk dan enak, dan biasanya kacang merah di gunakan untuk membuat sayur kacang.

Aku pertama mengetahui bahwa kacang merah ini bisa di bikin es kacang merah yang enak dan segar, sewaktu aku merantau ke kota Bangka. Memang di Bangka banyak yang menjual es kacang merah ini. Yang rasanya itu manis, enak, segar dan tekstur kacangnya lembut banget.

Apabila bunda mau merasakan kelezatan dari es kacang merah ini, tidak usah pergi jauh-jauh ke kota bangka, bunda bisa membuatnya sendiri di rumah karena cara membuat es kacang merah yang enak dan segar ini mudah sekali, dan berikut resepnya

ES KACANG MERAH


Bahan - Bahan

  • Air sebanyak 250 ml
  • Kacang merah segar sebanyak 200 gram
  • Gula pasir sebanyak 150 gram
  • Daging buah nangka secukupnya (untuk optional saja)
  • Kayumanis sebanyak 3 cm
  • Cokelat bubuk sebanyak 1 sendok teh
  • Susu kental manis cokelat sebanyak 100 gram
  • Es serut sebanyak 500 gram
Cara Membuat Es Kacang Merah
  1. Rebus 200 gram kacang merah hingga lunak lalu angkat dan tiriskan kacangnya
  2. Masukkan 1 sendok teh coklat bubuk, 150 gram gula, 3 cm kayu manis dan 250 ml air jika perlu ke dalam sisa air bekas rebusan kacang tadi. Lalu masak kembali hingga mendidih.
  3. Setelah airnya mendidih, masukkan kembali kacang merah yang sudah direbus tadi dan masak hingga air rebusannya sudah agak mengental
  4. Ambil mangkuk, lalu masukkan kacang merah dan kuah kedalamnya  bersama dengan potongan buah nangka kemudian tambahkan es serut di atasnya dan siram dengan susu kental manis sesuai selera atau bisa bunda tambahkan syrup apabila bunda menyukainya.
Es kacang merah yang manis, enak dan segar, kini siap untuk di nikmati di bawah teriknya sinar matahari untuk menghilangkan dahaga dan meningkatkan stamina setelah bekerja dari pagi, eummm yummy.

Selamat mencoba!.............

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai