Resep Membuat Telor Gabus Yang Renyah dan Gurih

Resep Membuat Telor Gabus Yang Renyah dan Gurih

Resep Membuat Telor Gabus Yang Renyah dan Gurih

Resep Membuat Telor Gabus Yang Renyah dan Gurih
Resep Telor Gabus - Kue telur gabus ini biasanya mudah kita temui pada hari besar islam waktu lebaran. Karena biasanya menjelang mau lebaran hampir semua keluarga sibuk membuat kue kering di rumahnya untuk di sajikan apabila ada tetangga, kerabat yang datang kerumah untuk silahturahmi, salah satunya itu ya kue telur gabus ini, pasti sesalu hadir.

Apakah bunda pembaca setia INIRecipes termasuk yang suka membuat telur gabus ini menjelang hari raya?....

Namun sayang waktu lebaran tahun kemarin keluargaku tidak sempet bikin-bikin kue, akhirnya ibuku membeli ke toko kelontongan yang di jual perkilo, dan ibuku tidak ketinggalan membeli telur gabus ini karena anak-anak dan kerabat menyukai apabila ibuku membuat telur gabus, dan pas mereka mencicipinya berkomentar, katanya telur gabus ini tidak se enak yang ibu bikin, mungkin telur gabus yang ada di pasaran itu beberapa bahan yang di gunakan tidak berkualitas supaya untungnya besar.

Jadi aku sarankan daripada membeli cemilan yang belum tentu enak dan bersih mending bunda membuat sendiri di rumah. Selain itu Bahan dan cara membuat telur gabus ini sangat mudah dan simple, karena kita cukup menyiapkan 3 bahan utama saja, ialah tepung kanji, keju dan telur.

Telor Gabus

Bahan - Bahan
  • Tepung tapioka/tepung sagu (sagu tani) sebanyak 500 gram
  • Keju cheddar parut sebanyak 100 gram
  • Telur sebanyak 5 butir
  • Margarine sebanyak 150 gram
  • Garam sebanyak 1 ½ sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya  (dingin)

Cara Membuat Telor Gabus Yang Renyah dan Gurih
  • Masukkan 500 gram tepung sagu dengan 1 ½ sendok teh garam dan 100 gram keju parut ke dalam wadah lalu aduk hingga rata.
  • Setelah itu masukkan 150 gram margarin dan 5 butir telur, lalu uleni hingga kalis atau sampai tidak lengket lagi pada tangan.
  • Pastikan adonan yang bunda uleni harus benar-benar kalis, jangan sampai ada bahan-bahan yang masih belum menyatu, atau bisa bunda tambahkan margarin lagi apabila perlu. Dan ingat, jangan sekali-kali bunda menambahkan air pada adonan.
  • Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulatan, kemudian pilin menjadi berbentuk panajang seperti yang terlihat pada gambar.
  • Masukan minyak goreng ke atas wajan secukupnya dan JANGAN dulu menyalakan kompor. Lalu masukkan adonan telur gabus yang sudah dipilin-pilin tadi sampai penuh, kemudian setelah nyalakan kompor. [ jangan memasukan/menggoreng kue gabus ke dalam minyak yang panas]
  • Goreng kue gabus di atas API KECIL hingga kue mengapung ke atas. Begitu kue mengapung segera naikan apinya menjadi sedang lalu goreng hingga warnanya menjadi coklat keemasan, angkan dan tiriskan.
  • Setelah kue telur gabus dingin segera masukan ke dalam toples kedap udara supaya kerenyahanya tetap terjaga.

Note : untuk proses penggorengan adonan selanjutnya, bunda pastikan minyak gorengnya biarin dingin dulu. Atau bunda bisa menyiapkan 2-3 wajan penggorengan supaya prosesnya bisa cepat.
Dalam proses penggorengan telur gabus ini memang agak sedikit ribet, tetapi akan terobati dengan hasil yang kita dapatkan, yaitu kue telur gabus yang renyah kriuk gurih dan enak.

Untuk bentuk telor gabus ini tidak hanya panjang seperti pada umumnya bisa bunda kreasikan sesuai selera seperti kue keuk juga tidak apa-apa bunda ya.

Selamat mencoba ya…! Boleh bunda bagikan resepnya ke teman bunda yang lain supaya dapat merasakan kerenyahan dari kue telur gabus ala INIRecipes.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai