Resep Sate Cilok Kenyal Dengan Sambal Kacang Pedas dan Gurih. Maknyoos!

Resep Sate Cilok Kenyal Dengan Sambal Kacang Pedas dan Gurih. Maknyoos!

Resep Sate Cilok Kenyal Dengan Sambal Kacang Pedas dan Gurih. Maknyoos!

Sate Cilok Bandung
Resep Sate Cilok Dengan Sambal Kacang - Jajanan Cilok ini adalah salah satu jajanan khas jawa barat, nama cilok ini adalah singkatan dari nama sebenarnya ialah aci di colok kalo kata orang sunda yang artinya tepung kanji di tusuk. Kenapa mesti di tusuk?.... karena Cara memakan cilok ini paling enak diambil dengan cara ditusuk sama lidi, lalu di celupin ke dalam saus sambal favorite! Kalo bunda main ke jawa barat khususnya ke bandung pasti bunda akan mudah mendapatkan camilan enak dan kenyal ini karena sekarang sudah banyak yang jual dipinggir-pinggir jalan.

Untuk bunda yang tinggal di luar daerah jawa barat jangan khawatir apabila mau mencoba kelezatan dan kekenyalan dari cilok ini, bunda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep cilok dari INIRecipes, karena cara pembuatanya cukup mudah dan bahan yang di perlukan bisa kita dapatkan dimana saja, seperti di warung kecil sampai toko kelontongan.

Bahan isianya bisa bunda sesuaikan dengan selera masing-masing seperti keju, cincang daging ayam, sosis, atau tetelan danging sapi. Silahkan simak dan catat resep cilok kenyal di bawah ini.

Sate Cilok Kenyal


Bahan-Bahan
  1. Tepung terigu sebanyak 150 gram
  2. Tepung kanji sebanyak 150 gram
  3. Bawang merah haluskan sebanyak 3 siung
  4. Bawang putih haluskan sebanyak 3 siung
  5. Daun bawang iris halus sebanyak 2 batang
  6. Merica bubuk  sebanyak ¼ sendok teh
  7. kaldu ayam bubuk / Royco 1 sachet (jika bunda suka)
  8. Garam secukupnya
  9. Air panas secukupnya
  10. Untuk bahan isian, sesuaikan menurut selera masing-masing. Bisa pakai keju, cincang daging, sosis dan tetelan sapi.
Bahan - Bahan Sambal Kacang
  1. Kacang tanah sangrai sebanyak 100 gram
  2. Cabe rawit sebanyak 5 buah atau sesuai selera
  3. Garam + gula merah secukupnya
  4. Air dan minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Cilok Kenyal dan Enak
  • Ayak 150 gram tepung terigu dengan 150 gram tepung kanji, lalu masukkan ke dalam satu wadah.
  • Kemudian masukkan semua bahan bumbu ialah garam secukupnya, ¼ sendok teh merica bubuk, 1 sachet kaldu bubuk, 2 batang daun bawang yang sudah di iris, 3 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih yang sudah di haluskan.
  • Tuang air panas/mendidih secara perlahan-lahan sambil adonan terus diuleni hingga kalis. Dan jangan sampai airnya kebanyakan.
  • Ambil sedikit adonan lalu pipihkan kemudian beri bahan isian, dan bentuk bulat-bulat seperti bakso, lakukan hingga adonan habis.
  • Didihkan air di dalam panci, lalu masukkan adonan cilok yang telah di beri isian dan dibentuk bulat tadi hingga cilok matang dan mengapung, angkat cilok lalu tiriskan.
Cara Membuat Sambal Kacang
  • Haluskan cabai rawit dengan garam dan gula hingga halus menggunakan ulegan, lalu masukkan kacang tanah sangrai, kemudian uleg kembali dan tidak usah sampai halus.
  • Beri air putih sedikit dan minyak lalu aduk rata.
  • Chek rasa sambal sampai sesuai selera, dan apabila rasanya sudah pas dan cocok dengan lidah bunda, sambal bisa langsung pakai.
Kini resep membuat cilok dengan saus sambel kacang pedas super pedas ini sudah siap di hidangkan selagi masih hangat. dan jika bunda menginginkan dibuat seperti sate, tinggal bunda tusuk-tusuk saja menggunakan tusuk sate lalu di siram dengan saus sambal kacang, eummm maknyosssss.

Selamat mencoba ya…! Jangan lupa bagikan resepnya ke teman bunda yang lain agar dapat merasakan enaknya cilok yang kenyal dan menggemaskan ini.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai