Cara Membuat Bakpia Ubi Ungu Yang Legit. Praktis dan Gampang!

Cara Membuat Bakpia Ubi Ungu Yang Legit. Praktis dan Gampang!

Cara Membuat Bakpia Ubi Ungu Yang Legit. Praktis dan Gampang!

Bakpia Ubi Ungu
Bakpia Pathuk Ubi Ungu - Pada umumnya dan sudah tidak asing lagi kalo kue bakpia ini berisi kacang hijau, nanas dan cokelat. Tetapi baru-baru  ini bakpia dengan isian ubi ungu mulai di kenal dan populer di dunia kuliner. Bunda –bunda di rumah juga bisa membuatnya karena bahan dasar yang di gunakan mudah di dapat dan pastinya menggunakan ubi ungu.

Kue bakpia ubi ungu ini salah satu varian terbaru, yang mempunyai rasa yang Manis, dan teksturnya yang lembut serta sensasinya itu ketika di makan legit bingiiiit bund eummm maknyossss. Kalo bunda tidak percaya silahkan coba bikin dengan resep bakpia ubi ungu di bawah ini :

Bakpia Ubi Ungu


Bahan - Bahan Untuk Lapisan I
  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 65 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml air
  • 200 ml minyak sayur (50 ml untuk dicampurkan adonan dan 150 ml untuk merendam)
Bahan - Bahan Untuk Lapisan II
  • 65 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 ml minyak sayur
  • 1/2 sendok makan margarin
Bahan - Bahan Isian Ubi Ungu
  • 250 gram ubi ungu, kukus dan haluskan
  • 4 sendok makan gula pasir halus
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok makan margarin

Cara Membuat Bakpia Isi Ubi Ungu

Membuat Isian Ubi Ungu
  1. Campurkan semua bahan-bahan isian menjadi satu, aduk rata, lalu bentuk bulat sebesar kelereng. Dan jika adonan isian teksturnya terasa terlalu lembek, bisa bunda panggang sebentar saja, kira-kira selama 5 menit supaya adonanya agak "kesat" baru setelah itu bentuk bulat.
Membuat Lapisan II
  1. Campurkan semua bahan-bahan untuk lapisan II menjadi satu, lalu aduk hingga rata dan sisihkan.
Membuat Lapisan I
  1. Panaskan 100 ml air, tapi tidak boleh sampai mendidih bund ya, lalu masukkan 2 sendok makan gula pasir, kemudian aduk rata sampai gulanya larut. angkat
  2. Campurkan tepung terigu dengan ½ sendok teh garam lalu tuangkan air larutan gula tadi, kemudian uleni sampai rata, Tuangkan 50 ml minyak sayur, dan uleni sampai adonan kalis. Memang adonan ini awalnya akan terasa sangat basah karena minyak, tetapi bunda jangan khawatir teruskan saja uleni sampai mendapatkan tekstur yang kalis.
  3. Bagi adonan lapisan I dan lapisan II menjadi beberapa bagian sama rata. Kalo aku di timbang masing-masing untuk lapisan I kira-kira 17 gram dan untuk lapisan II kira-kira 5 gram dan bentuk membulat.
  4. Ambil 1 bulatan adonan lapisan I, lalu gilas kemudian tambahkan adonan lapisan II tepat di atasnya sampai rata, lipat dengan bentuk seperti amplop lalu satukan bagian ujung-ujungnya atau bentuk bulat.  Lakukan terus sampai adonan habis.
  5. Rendam adonan di dalam 150 ml minyak sayur selama 15 menit. Dan jangan rendam terlalu lama supaya teksturnya tidak kering.
  6. Setelah 15 menit berlalu, angkat adonan kue bakpia tersebut dari rendaman minyak dan tiriskan.
  7. Gilas adonan tersebut, lalu beri adonan isian kemudian bentuk bulat agak sedikit pipih seperti terlihat pada gambar, dan buat sedikit lipatan di bagian bawahnya supaya bentuknya terlihat rapi. Lakukan hal yang sama sampai habis.
  8. Panggang di dalam oven dengan suhu 200'C selama kurang lebih 15 menit sampai permukaannya terlihat kecoklatan, lalu balik bakpia sampai sisi lainnya juga terlihat kecoklatan.
  9. Angkat lalu dinginkan.
Note : Apabila di rumah tidak ada oven bisa bunda panggang di atas teflon dengan cara panaskan teplon yang sudah diolesi dengan margarin lalu letakkan kue bakpia di atasnya, kemudian tutup dan jangan lupa selalu awasi Bunda ya bakpianya, apabila kulit bagian bawahnya sudah terlihat kecoklatan, segera balik dan tutup kembali, Jika sudah matang angkat dan diamkan. Bakpia Bunda kini siap untuk santaphangat-hangat.

Memang sih penampakanya tidak semulus yang di panggang menggunakan oven, tetapi untuk rasanya tidak beda jauh serta matangnya juga bisa matang sempurna walaupun hanya di panggang di atas teplon saja.

Selesai! Kini bakpia isi ubi ungu siap untuk di hidangkan selagi masih hangat dan selamat mencoba! Jangan lupa bagikan atau share resep ini ke teman bunda yang lainnya.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai