Mozzarella Sticks Yang Renyah di Luar dan Melumer di Mulut

Mozzarella Sticks Yang Renyah di Luar dan Melumer di Mulut

Mozzarella Sticks Yang Renyah di Luar dan Melumer di Mulut

Mozzarella Sticks
Mozzarella Sticks - Pertama kali mencicipi Mozarela Sticks, aku langsung jatuh hati pada cemilan yang satu ini, karena ketika aku gigit ada sensasi melumernya dari keju mozzarella dan rasanya itu bikin nagih yang enak, gurih di tambah dengan teksturnya crunchy dari tepung roti eummm yummy..

Oia apabila bunda mau beli keju mozzarella yang murah, aku sarankan belinya di TBK jangan di depstore atau supermarket. Karena beberapa kali aku membeli di market merek Greenfield waktu itu harganya 43.000an/250gram saja. Kemudian aku juga pernah beli mozarella produk lokal dari bunda anggota NCC melalui fb, harganya 25.000/250 gram, tapi itu aku beli tahun lalu, gak tau kalo sekarang. Lalu aku menemukan lagi dari fb ada yang jual mozarella merek saputo produknya argenteina aku coba beli harganya 50.000/500 gram. Alhamdullilah tekstur dan rasa kejunya pas banget dengan lidahku.

Resep mozzarella sticks ini aku temukan dari bunda Lily Nurlita Mohamad pemilik web cookingasyik.com dan alhamdullilah berhasil dan rasanya enak binggo bunda. Sebelum membaca resep di bawah, persiapkan dulu 3 buah wadah untuk telur, tepung terigu dan tepung roti, dan jangan lupa untuk teknik pelapisannya wajib di doubel  supaya kejunya tidak mudah bocor dan melumer keluar.

Mozzarella Sticks


Bahan - Bahan
  1. Keju mozzarella, sebanyak 100 gram lalu dipotong-potong sesuai selera.
  2. Tepung roti/panir sebanyak 60 gram
  3. Tepung terigu sebanyak 60 gram
  4. Susu cair sebanyak 60 ml
  5. Parmesan/keju cheddar parut sebanyak 22 gram
  6. Telur sebanyak 2 butir
  7. Garlic powder atau bawang putih bubuk sebanyak 1 sendok teh
  8. Mix herbs atau daun thyme kering sebanyak ½ sendok teh
  9. Merica bubuk secukupnya
  10. Garam sedikit saja

Cara Membuat Mozzarella Sticks

  • Masukkan 60 gram tepung panir, 22 gram parmesan, 1 sendok teh garlic powder, ½ sendok teh mix herbs/thyme, merica bubuk secukupnya dan garam sedikit saja kedalam wadah lalu aduk rata dan sisihkan.
  • Masukkan 2 butir telur, dengan 60 ml susu cair, garam dan merica sedikit saja ke dalam wadah yang lain, lalu aduk rata dan sisihkan.
  • Masukan 60 gram tepung terigu ke dalam wadah ketiga, sisihkan
  • Sekarang kita mulai melapisi mozzarella nya, dengan menggunakan salah satu tangan bunda sebagai tangan yang kering dan tangan satunya sebagai tangan basah.
  • Pertama masukkan 1 potongan keju mozzarella ke dalam wadah yang ada tepung terigunya, dan balurkan samapi merata.
  • Setelah itu masukkan potongan keju tersebut ke dalam adonan campuran telur, dan celupkan sampai seluruh bagian keju terkena campuran telur tersebut.
  • Kemudian masukkan  lagi ke dalam adonan campuran tepung panir/roti, dan balur sambil di tekan-tekan supaya tepung rotinya menempel dan pastikan seluruh permukaan keju terbalut dengan tepung roti, lalu celupkan kembali ke dalam campuran telur tadi dan sekali lagi masukkan ke dalam tepung roti untuk pelapisan kedua, gunanya supaya keju mozzarella tidak mudah bocor dan melumer keluar. dan pastikan untuk selalu menekan-nekan ketika mozarella di masukkan ke atas tepung roti supaya bisa menempel dengan kuat pada keju.
  • Apabila semua potongan mozarella terlapisi, segera masukkan ke dalam freezer selama 2 jam saja supaya lapisannya menempel lebih kuat dan ketika di goreng tidak banyak yang terlepas.
  • Setelah 2 jam goreng mozzarella dengan teknik deep fry, yaitu teknik menggoreng menggunakan minyak yang banyak supaya mozzarella stick ini dapat terendam seluruh permukaanya, selama kurang lebih 3 menit, hingga waranya berubah menjadi coklat keemasan.
  • Kini Mozarela sticks yang melumer di mulut yang lezat ini siap untuk di santap selagi masih hangat, eummm maknyosss.
Note : Ketika menggoreng hati-hati bund ya, selalu diawasi dan jangan sampai kejunya bocor melumer kemana-mana hehe...

Selamat mencoba ya!.... dan jangan lupa bagikan resepnya ke teman bunda yang lain.

Gambar & Resep : Bunda Lily Nurlita Mohamad/cookingasyik.com

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai