Resep Pandan Cake Hanya 5 Bahan. Bisa Lembut, Wangi dan Enak!

Resep Pandan Cake Hanya 5 Bahan. Bisa Lembut, Wangi dan Enak!

Resep Pandan Cake Hanya 5 Bahan. Bisa Lembut, Wangi dan Enak!

Pandan Cake Susu Kental Manis
Resep Pandan Cake dengan Susu Kental Manis. Lembut, Enak dan Wangii! - Pada awalnya aku sempet ragu untuk mencoba resep pandan cake dari bunda titin ini, karena di dalam resep tidak memakai bahan pengembang seperti TBM atau SP, takutnya setelah saya coba hasilnya bantat dan keras. Tapi karena resep cake ini sepertinya mudah, praktis dan juga hemat banget, akhirnya aku coba bikin di rumah dan alhamdullilah hasilnya di luar dugaan, sangat mekar dan teksturnya empuk sekali, terlebih rasanya enak dan wangi yang menggoda, terimakasih bunda titin ya sudah mau berbagi resep pandan cake SKM ini.

Selain tidak menggunakan bahan pengembang resep cake ini tidak usah memisahkan antara putih dengan kuning telurnya segala, jadi pembuatanya lebih simple, praktis dan cepat tentunya.

Meskipun mudah dan simple, tapi hasilnya tidak sepraktis membuatnya. Cake pandan ini mempunyai rasa yang enaak, rich, padat dan wangi yang sangat menggoda, serta teksturnya yang lembut dan moiz dapat terasa enak dan legit ketika dimakan.

Pandan Cake Susu Kental Manis


Bahan-bahan:
  • Susu Kental Manis putih sebanyak 150 gram
  • Tepung (Merk kunci) sebanyak 120 gram
  • Butter (merk Anchor) sebanyak 120 gram
  • Telur sebanyak 2 butir
  • Gula Pasir butiran halus sebanyak 40 gram
  • Garam Halus sebanyak ¼ sendok teh
  • Pasta Pandan sebanyak 1 sendok teh

Cara Membuat Pandan Cake Yang Lembut dan Mois
  1. Pada wadah, kocok 120 gram butter dengan 40 gram gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan creamy serta warnanya putih pucat, lalu masukkan 1 sendok teh pasta pandan dan ¼ sendok teh garam, dan mix kembali dengan kecepatan rendah sebentar/asal rata saja, kemudian masukkan 150 gram susu kental manis dan mixer kembali.
  2. Setelah itu masukkan 120 gram tepung terigu dan mix sebentar, lalu masukkan 2 butir telur, satu persatu dan mixer sampai tercampur rata/jaraknya 1 menit per telur.
  3. Siapkan 2 buah loyang lalu beri alas kertas roti kemudian tuangkan adonan dan loyang yang satunya lagi harus lebar dari loyang yang berisi adonan kemudian isi dengan air setengah penuh, taruh loyang yang berisi air ini di dalam oven pada rak paling bawah, kemudian loyang yang berisi adonan taruh di rak yang tengah. Teknik memanggang seperti ini gunanya untuk agar cake nya setelah matang teksturnya bisa lebih lembut dan moist.
  4. Panggang selama 25 menit dengan suhu 180C, lalu keluarkan loyang yang berisi air tadi dan lanjutkan memanggang lagi selama sekitar 20 menit dengan suhu di turunkan menjadi 160C, atau sampai matang dan Jika cake ditusuk dengan lidi terlihat mulus, berarti cake sudah matang.

Alhamdullilah walaopun tidak memakai bahan pengembang sama sekali, tapi hasilnya cake pandan bisa mengembang dengan sempurna. Potong-potong cake pandan selagi masih hangat sesuai selera dan langsung santap di temani 1 cangkir teh. Baunya memang sangat menggoda antara perpaduan khas dari pasta pandan dan susu kental manis. Menjadi tambah maknoooos bangettt!

Selamat mencoba bunda yaa! Dan jangan lupa bagikan resep cake pandan ini ke teman-teman bunda yang lainnya.

Resep by: Bunda Tintin Rayner

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai