Resep Roti Maryam atau Roti Konde yang Lembut. Lengkap dengan Foto Tutorial

Resep Roti Maryam atau Roti Konde yang Lembut. Lengkap dengan Foto Tutorial

Resep Roti Maryam atau Roti Konde yang Lembut. Lengkap dengan Foto Tutorial

Roti Maryam atau Roti Konde
Roti Maryam/Roti Konde - Di Indonesia roti yang satu ini memiliki banyak nama, ada yang bilang Roti Maryam, Roti Konde, atau Martabak Surban dan Roti Canai. Meskipun dari nama yang berbeda-beda seperti di atas, namun tetapi bahan-bahan yang di gunakandan rasanya bisa di bilang hampir sama. Untuk  Bunda yang suka kuliner pasti sudah familiar dengan roti maryam ini?...

Roti ini sebenarnya berasal dari timur tengah yang mempunyai tampilan dan cara memakanya yang unik. Pertama roti di sobek terlebih dahulu lalu digunakan untuk ngambil kuah kare / gulai. Selain itu roti maryam ini bisa mengenyangkan bund, dan juga sangat cocok apabila dimakan sebagai camilan di sore hari sambil bersantai bersama dengan keluarga.

Roti maryam Paling enak jika sebelum di hidangkan dipukul-pukul dahulu supaya rotinya pecah, lalu disiram dengan kuah kari daging sapi atau kari ayam, eumm yummy.... apabila bunda di rumah mau merasakan kelezatan dari roti maryam ini, coba bunda buat sendiri di rumah dengan resep roti maryam ala bunda Titik Suriani di bawah ini.

Roti Maryam


Bahan-bahan:
  • 1kg tepung terigu protein tinggi
  • 8 butir kuning telur (bisa bebek atau ayam)
  • 200ml susu UHT apa aja
  • 200ml air hangat
  • 1 sendok teh garam/ secukupnya
  • 250 gram margarin untuk adonan
  • 250 gram margarin cair untuk olesan (lebih enak lagi pake minyak samin)

Keterangan:
Penggunaan 500 gram margarin ini adalah. Setengah buat di campur dengan adonan, dan setengahnya lagi dicairkan di gunakan untuk olesan

Cara Membuat Roti Maryam
  1. Campurkan semua bahan-bahan di atas kecuali margarin yang di cairkan ke dalam wadah, lalu kocok dan uleni sampai mengkalis, menggunakan mesin atau tangan.
  2. Apabila adonan ditarik atau dilebarkan tidak gampang robek berarti adonan sudah mengkalis.
  3. Setelah adonan kalis, timbang adonan masing-masing seberat 50 gram, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil seperti yang terlihat pada gambar.
  4. Susun bolatan bola yang berurutan, karena ini sangat penting, sebab adonan yang pertama kali bunda bentuk bulatan itu nantinya yang pertama kali bunda masak.
  5. Ambil dan pipihkan adonan yang pertama kali bunda bulatkan dengan cara di kibaskan seperti halnya tukang martabak yang lagi membuat martabak telor. Atau bisa bunda tipiskan menggunakan pengglingan tangan. Setelah adonan tipis, segera olesi permukaanya dengan margarin cair sampai merata, lalu lipat-lipatkan seperti lipatan kipas tangan / wiron agar seratnya nanti akan terlihat cantik, kemudian tarik adonan tersebut dengan memanjang dan jangan sampai putus bund yaa, lalu gulungkan seperti konde.
  6. Susun kembali adonan yang sudah bunda bentuk seperti konde sesuai dengan urutan pembuatannya.
  7. Panggang roti maryam dengan dimulai dari adonan yang pertama bunda bentuk, di atas wajan teflon sambil ditekan-tekan hingga pipih dan matang.
  8. Kini roti maryam sudah siap untuk di hidangkan selagi masih hangat.

Kenapa sih memanggangya harus dari adonan yang pertama di bentuk?... itu gunanya ialah memberikan waktu pada adonan untuk berfermentasi, sehingga roti maryam bisa menjadi lebih lembut.

Note : Rahasia supaya Roti Maryam yang kita buat teksturnya bisa lebih lembut, ialah menggunakan kuning telur dengan jumlah yang lebih banyak dari resep biasanya. Seperti pada resep di atas.
Apabila bunda mau menyimpan roti maryam untuk stok, roti wajib di dinginkan terlebih dahulu sebelum di simpan ke dalam freezer dan Roti maryam ini meskipun sudah 1 bulan di dalam freezer tapi rasanya tetap enak ko.

Jika bunda kesulitan dalam membentuk adonan roti maryam ini bunda bisa ikuti tutorial yang tertera pada gambar di bawah ini.
Roti Konde
Roti Maryam

Resep & Foto by : Bunda Titik Suriani

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai