Resep Kremesan Super Renyah dan Bersarang Anti Gagal Bund

Resep Kremesan Super Renyah dan Bersarang Anti Gagal Bund

Resep Kremesan Super Renyah dan Bersarang Anti Gagal Bund

Kremesan
Kremesan Super Renyah dan Bersarang - Sebenarnya ada banyak yang membagikan resep kremesan di dunia maya, tetapi tidak tahu kenapa setelah aku coba  kebanyakan selalu saja tidak cocok dan selalu gagal. Namun setelah aku melewati kegagalan itu pada akhirnyaa! Aku menemukan resep kremesan dari  bunda Tintin Rayner, rasanya yang pas cocok dengan lidahku dan hasilnya alhamdullilah teksturnya terlihat bagus dan bersarang, pokoknya T.O.P B.G.T deh bund!

Betul banget resep kremesan yang aku dapat ini dapatmenghasilkan kremesan yang bersarang, dan rasanya itu super duper renya dan kriuk-kriuk gimana gitu. Tapi asal bunda tahu kriuk-kriuk bukan berarti keras bund ya, ini teksturnya itu renyah dan lembut di mulut.

Kalo kita lihat dari penampilanya kremesan ini terlihat biasa dan sepele, tapi jangan salah loh bund kremesan ini memiliki efek semacam panambah nafsu makan, karena anak-anak aku di rumah semuanya menyukai makan pake kremesan, apalagi sibungsu padahal dia sebenarnya susah kalo di suruh makan, mungkin efek dari kremesan ini hehehe.... Selain itu kremesan bisa di sajikan dengan ikan atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng sebeagai pelengkap..

Maka dari itu bunda di rumah wajib menyimpan stok kremesan di rumah supaya bisa menambah nafsu makan nya hehehe... dan Resep kremesan yang ini apabila disimpan di dalam tupperware akan terasa renyah meskipun sudah 1 minggu.

Kremesan

Bahan-bahan:
  1. Tepung Sagu sebanyak 125 gram
  2. Air sebanyak 200 ml di + dengan 100ml Santan instan kental (kalo aku pakai air sisa ungkepan ayam goreng)
  3. Bawang putih sebanyak 2 siung lalu dihaluskan
  4. Tepung Beras sebanyak 2 sendok makan
  5. Kuning Telur sebanyak 1 butir
  6. Baking Powder Double Action sebanyak ½ sendok teh (kalo aku pakai Hercules)
  7. Kaldu ayam bubuk/garam sesuai dengan selera

Note: Campurkan dan aduk semua bahan-bahan diatas kecuali baking powder

Cara membuat kremesan Yg Renyah dan Bersarang
  • Persiapkan wajan, lalu panaskan minyak goreng di atas kompor, di sarankan memakai minyak yang agak banyak bun ya.
  • Sesaat sebelum di masak, sambil menunggu minyaknya panas, masukkan ½ sendok teh baking powder ke dalam adonan tadi dan aduk hingga rata.
  • Sebelum adonan digoreng, bunda pastikan dulu minyaknya sudah benar2 panass, setelah panas aduk-aduk adonan lalu siramkan ke atas minyak dengan memutar agar merata.
  • Adonan nantinya akan menyebar dengan sendirinya dan tunggu sampai menguning dan kokoh, lalu lipatkan bagian sisi-sisinya menjadi berbentuk kotak, dan goreng lagi hingga warnanya kuning kecoklatan.
  • Angkat kremesan lalu tiriskan, dengan bantuan kertas roti atau tisue agar minyak bisa menyerap dengan cepat dan baik. Masukkan ke dalam wadah, lalu tutup rapat-rapat. Dan kremesan kini siap bunda nikmati dengan 1 piring nasi putih!

TIPS MEMBUAT KREMESAN ANTI GAGAL
  1. Sebelum menggoreng pastikan minyak harus dalam keadaan benar-benar panassa agar hasilnya bisa bersarang, dan setelah kremesan sudah terlihat bersarang, segera bunda kecilkan apinya sedikit supaya kremesan bisa matang dengan merata
  2. Apabila bunda mau di bikin stok kremesanya sebaiknya kremesan harus benar-benar tiris dan uap panasnya hilang sebelum dimasukkan ke dalam toples, supaya kerenyahan dan aromanya bisa tahan lamaa
  3. Ketika menggoreng adonan, kucurin dengan memutar, gunanya untuk agar kremesan dapat menyebar dan tidak nempel pada wajan
  4. Air yang di campurkan dengan santan, bisa memakai air kaldu ayam asli/sisa rendaman ayam goreng
  5. Pakai Baking Powder yang Double Action seperti HERCULES
  6. Wajib menggunakan Tepung Sagu, jangan diganti dengan yang lain seperti Tapioka/Kanji
  7. Untuk penggunaan telurnya bisa pakai 1 butir telur yang utuh, tetapi nanti hasilnya kremesannya lebi kokoh, jadi sesuaikan selera bunda ya
  8. Apabila bunda suka bisa menambahkan sedikit Kunyit yang diparut, supaya warnanya lebih kuning dan beraroma.

Mudah bukan bun? ... silahkan bunda coba bikin kremesan sendiri di rumah untuk stok.

Selamat mencoba bunda yaa! Dan jangan lupa bagikan/share resep kremesan di atas ke teman bunda yang lain, melalui sosial media yang bunda gunakan.

Resep by Bunda Tintin Rayner

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments