Resep Praktis Membuat Martabak Telur, Yg Gampang dan Enaaaak!

Resep Praktis Membuat Martabak Telur, Yg Gampang dan Enaaaak!

Resep Praktis Membuat Martabak Telur, Yg Gampang dan Enaaaak!

Resep Praktis Membuat Martabak Telur
Resep Praktis Martabak Telur, Gampang dan Enak! - Siapa yang belum pernah mencicipi jajanan yang satu ini? Martabak telur ini biasanya di jual bersamaan dengan martabak manis. Martabak telur memiliki rasa yang gurih dan wanginya sangat menggoda.

Martabak telur sebenarnya mudah kita dapatkan karena banyak yang menjualnya. Namun tetapi untuk alasan kebersihan dan kesehatanya tidak bias menjamin. Untuk Buntik dan bunsay sebaiknya kurangi membeli martabak telur sembarangan, karena minyak goreng yang digunakan biasanya sudah di pakai beberapa kali secara berulang pada suhu tinggi, yang berakibat kualitas dari minyak tersebut jadi sangat jelek dan berbahaya untuk kesehatan. Selain itu, ada beberapa penjual martabak yang menambahkan borax pada adonan kulit martabak untuk mendapatkan teksture yang terlihat bagus.

Nah sekarang bunda jangan khawatir, apabila bunda mau merasakan kelezatan dari martabak telur super lezat ini, bunda biasa membuatnya sendiri di rumah karena caranya gampang bingiiiit, tidak harus memutar-mutarkan adonan seperti halnya yang dilakukan sama abang penjual martabak itu. Hasil dari resep matabak manis ini juga rasanya maknyooos tidak kalah sama martabak yang dijual di pinggir jalan itu….

Martabak Telur

Bahan untuk membuat kulit martabak
  1. Tepung protein tinggi sebanyak 200 gram
  2. Air sebanyak 140 ml
  3. Minyak goreng untuk merendam adonan kulit sebanyak 500 gram
  4. Garam sebanyak ¼ sendok teh
  5. Minyak goreng sebanyak 30 gram

Bahan untuk bahan Isian
  1. Daging giling sebanyak 200 gram
  2. Bawang Merah iris tipis sebanyak 3 siung
  3. Bawang putih iris tipis sebanyak 2 siung
  4. Kari bubuk sebanyak 2 sendok teh
  5. Daun bawang sebanyak 2 batang
  6. Merica sebanyak 1 sendok teh
  7. Garam sebanyak 1 sendok teh
  8. Gula pasir sebanyak ½ sendok teh
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan campuran untuk per porsi
  1. Telur ayam sebanyak 1 butir
  2. Tumisan daging sebanyak 50 gram
  3. Daun bawang sebanyak 2 batang
  4. Bawang bombay cincang halus sebanyak 25 gram
  5. Merica sebanyak ¼ sendok teh
  6. Garam sebanyak ½ sendok teh

Cara Membuat Martabak Telur
  • Pertama-tama kita membuat adonan kulitnya terlebih dahulu. Campurkan 200 gram tepung dengan ¼ sendok teh garam, lalu masukan  140 ml air sedikit-sedikit sambil adonan terus diuleni, kemudian masukkann 30 gram minyak goreng dan uleni kembali sampai adonan kalis elastis.
  • Bagi adonan dengan di timbang masing-masing 75 gram dan bentuk bulatan-bulatan, lalu rendam bulatan adonan tersebut di dalam 500 gram minyak goring selama 1 jam.
  • Membuat Tumisan daging :
  • Tumis 2 siung bawang putih dengan 3 siung bawang merah yang sudah di iris tipis sampai harum, lalu masukkan 200 gram daging giling dan tumis sampai warnanya berubah, kemudian tambahkan 1 sendok teh garam, ½ sendok teh gula, 1 sendok teh merica dan 2 sendok teh kari bubuk dan masak sampai matang, tambahkan juga 2 batang daun bawang yang sudah di iris.
  • Setelah adonan di rendam selama 1 jam, pipihkan bulatan adonan kulit dan giling sampai tipis.
  • Pada wadah lain campurkan takaran bahan untuk perporsinya seperti 1 butir telur, 50 gram tumisan daging, 25 gram bawang bombay, 2 batang daun bawang dan ½ sendok teh garam.
  • Panaskan wajan anti lengket atau telfon lalu masukkan adonan kulit yang sudah di giling tipis, kemudian tuangkan campuran tadi, dan Lipat-lipat seperti amplop, masak sampai matang

Kini martabak telur spesial siap untuk di hidangkan. Akan lebih Maknyoooos apabila di hidangkan dalam keadaan masih panas-panas dan acar plus sambal kecap, eummm nyammm nyammm

Selamat mencoba bundsay yah. Mudah bukan?,,,, jangan lupah bagikan atau Share ya bund resepnya kepada teman buntik yang lain.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments