Lekker Holland Pandan Hanya 4 Bahan saja. Super Rich dan Yummy!

Lekker Holland Pandan Hanya 4 Bahan saja. Super Rich dan Yummy!

Lekker Holland Pandan Hanya 4 Bahan saja. Super Rich dan Yummy!

Lekker Holland Pandan
Resep Lekker Holland Pandan - Sudah mau bernostalgia lagi sama boterkoek dari sejak 2 minggu yang lalu gara-gara melihat bunda Lily minarosa yang merecook postingan Buterkoek bunda Tintin, dan kebetulan kemaren-kemaren sugar cravingnya mulai kumat ini lidah bawaanya mau makan yang manis-manis tapi ada gurihnya itu, kira-kira apa ya yang bikinya cepat kilat dan mudah?... eummm sepertinya bikin lekker Holland aja ya, karena cuman membutuhkan 4 bahan saja.

Untuk lekker kali ini aku mau menambahkan esens pandan, karena aku kangen sama aroma bau pandan dan warna ijonya itu hehehe...

Boterkoek ini sebenarnya cake yang cukup klasik berasal dari Hollland, tapi meskipun cake ini jadul namun tetep saja cake yang satu ini menjadi cake kesayangan di sana, karena sangat cocok banget untuk temen ngeteh atau ngopi.

Perlu bunda ketahui boterkoek ini bukan jenis kue kering ya, tetapi termasuk dense cake  atau cake yang teksturnya padet dan chewy, kalo kita lihat sekilas terlihat seperti cake yang bantat. Nah di situ orang-orang yang ketagihan sama cake ini dari texturnya yang agak unik, jadi kalo di gambarkan teksturnya itu tidak selembut normalnya seperti cake biasa, tetapi juga tidak sekeras Cookie, kalo aku rasa-rasain seperti chewy bar, tetapi rich banget, dan butterny nendang banget yang bikin ketagihan bund!

Cake ini bisa di bikin tipis, dan juga bisa di bikin agak sedikit tebel, namun bunda tintin lebih menyukai yang agak tipis karena rasanya lebih chewy, dan garing, itu semua bisa bunda sesuaikan dengan selera ya, dan berikut resep lekker holland ala bunda Tintin Rayner :

Lekker Holland Pandan

Bahan-bahan
  • 100 gram butter (anchor,wijsman)
  • 100 gram margarin(blueband,palmia)
  • 140 gram gula pasir halus
  • 1 butir telur ayam
  • 250 gram tepung Kunci
  • 1 sendok teh pasta pandan atau sesuai selera

Bahan untuk taburan:
  • Almond secukupnya
  • Chocochips secukupnya
  • Kismis secukupnya

Cara Membuat Lekker Holland Pandan
  1. Masukkan butter, margarin, gula pasir, telur ayam, ke dalam wadah, lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai fluffy atau mengembang pucat, kemudian setelah ngembang, baru masukkan esen pandan, dan kocok sebentar asal rata saja, setelah itu masukkan tepung terigu dan aduk menggunakan seputula atau sendok kayu hingga rata.
  2. Siapkan loyang ukuran 20-20 cm, lalu alasi dengan kertas roti dan pinggiran loyangnya kasih olesan margarin secara tipis kemudian masukkan dan ratakan adonan ke dalam loyang tersebut, kerat-kerat atasnya dengan bantuan garpu sesuai dengan selera masing-masing.
  3. Setelah itu olesi permukaanya dengan kuning telur, lalu kasih taburan kacang almond, chocochips atau kismis.
  4. Sebenarnya yang aslinya di hollan boterkoek ini taburannya hanya kacang almond saja hehe... itu bisa bunda sesuaikan dengan selera bunda ya.
  5. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat lalu panggang cake selama 30 menit atau sampai matang, eummm aromanya cake ini enak banget bund.
  6. Setelah matang tunggu sebentar sampai agak hangat dulu, lalu keluarkan cake secara perlahan-lahan dari dalam loyang.
  7. Kalo cake ini di potong selagi panas hasilnya akan ada rompal-rompal gitu karena cakenya masi rapuh..

Cake yang satu ini meskipun kuno tapi punya keunikan tersendiri!! Dari teksturnya yang kress-kress di luar, tapi empuk dan agak kenyal di dalem, pokonya yummy deh dan selalu bikin kangen, apabila bunda makan hanya 1 potong saja pasti tidak bakalan cukup deh hehe..

Di bagian luar kresss-kress seperti chewy cookie, dan bagian dalamnya sangat empuk dan kenyel seperti cake super padat yang sudah sangat-sangat rich, serta aroma pandannya yang berpadu dengan aroma butter yang sangat dominan, eummm endessss binggo..

Selamat Mencoba! dan silahkan bagikan resepnya supaya bunda yang lain bisa merasakan kelezatan dari Lekker Holland ini

Resep by Bunda Tintin Rayner Si Cantik Yang Pintar Merombak Resep

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments