Resep Kue Bolu Agar-Agar. Yang Lembuut dan Kenyal!

Resep Kue Bolu Agar-Agar. Yang Lembuut dan Kenyal!

Resep Kue Bolu Agar-Agar. Yang Lembuut dan Kenyal!

Resep Kue Bolu Agar-Agar
Resep Kue Bolu Agar-Agar - Kue basah bolu ko memakai agar-agar? eumm kira-kira bagaimana ya jadinya?....

Menambahkan bahan agar-agar pada kue bolu ini menurutku bukan hal yang biasa dilakukan. Tetapi resep bolu agar-agar by bunda Yanti ini wajib untuk bunda coba di rumah, karena setelah aku eksekusi ternyata hasilnya sangat enak dan juga teksturnya lembuuut bingiiit serta ketika di makan tidak terasa seret pada tenggorokanku, selain itu kue bolu agar ini teksturnya terasa kenyal yang dapat menambah kenikmatan ketika saat di kunyah.

Cara pembuatan kue bolu agar ini sangat simple, mudah dan praktis, dan juga bahan-bahan yang di butuhkan cukup gampang bunda temukan. Apabila bunda sulit mencari bahan pasta blackforest, bunda bisa ganti dengan susu kental manis coklat, atau choki-choki dan sejenis yang lain. Kue agar ini biasa aku jadikan untuk teman ngopi di sore hari. Maknyoooos!

Kue Bolu Agar - Agar

Bahan-bahan
  1. Tepung terigu sebanyak 200 gram
  2. Gula pasir sebanyak 200 gram
  3. Air sebanyak 20 ml
  4. Mentega sebanyak 200 gram
  5. Susu kental manis sebanyak 2 sachet
  6. Telur sebanyak 8 butir / 1/2 kg
  7. Agar-agar plain/ tanpa warna, merknya bebas sebanyak 1 bungkus
  8. Coklat bubuk sebanyak 1 sendok makan
  9. Pasta blackforest sebanyak 1/2 sendok teh
  10. Vanili sebanyak 1/2 sendok teh

Cara Membuat Kue Bolu Agar - Agar
  1. Kocok mentega hingga putih menggunakan mixer, sisihkan.
  2. Setelah itu bersihkan mixer tersebut lalu kocok 8 butir telur dengan 200 gram gula pasir dan 1/2 sendok teh vanili di dalam wadah lain. Kocok terus adonan hingga putih berjejak, kira-kira selama 20 menit. Tahapan pengocokan ini sangat penting, sebab jika bunda kurang lama atau tidak sampai putih berjajak, nanti kuenya akan menjadi bantat dan keras.
  3. Masukkan adonan mentega tadi ke dalam adonan telur lalu kocok kembali hingga rata, dan tambahkan 200 gram tepung terigu dan 2 sachet susu kental manis secara bergantian sambil adonan terus di kocok.
  4. Masak 1 bungkus agar-agar hingga mendidih, lalu langsung masukkan ke dalam adonan tersebut kemudian kocok hingga rata.
  5. Bagi adonan menjadi 2 bagian., yang satu bagian untuk di campurkan dengan 1 sendok makan coklat bubuk dan 1/2 sendok teh pasta, kocok rata.
  6. Olesi loyang dengan tipis dama mentega dan beri sedikit taburan tepung.
  7. Tuangkan adonan putih dan adonan cokelat ke dalam loyang tepat di bagian tengah-tengah loyang secara bergantian hingga adonan habis, kemudian beri motif dengan bantuan garpu atau sendok.
  8. Panggang adonan di dalam oven dengan suhu kira-kira 180 derajat celcius selama kurang lebih 50 menit atau hingga matang. sebelum di angkat sebaiknya tes dulu dengan ditusuk menggunakan lidi untuk memastikan cake sudah matang atau belum. (jika di tusuk mulus tidak ada cake yang nempel pada lidi berarti cake sudah matang).

Selesai! Kini Kue Bolu agar sudah siap untuk di nikmati dengan 1 cangkir teh. Selamat mencoba..!

Resep by Yanti Puji Melly Melyani Agustina

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments