Cara Membuat Rengginang Yang Enak, Renyah dan Gurih

Cara Membuat Rengginang Yang Enak, Renyah dan Gurih

Cara Membuat Rengginang Yang Enak, Renyah dan Gurih

Cara Membuat Rengginang
Cara Membuat Rengginang Yang Enak, Renyah dan Gurih - Di hari lebaran, berkunjung ke tetanggga atau keluarga jauh untuk bersilahturahmi lalu di suguhi biscuit yang enak dan suka ada di iklan televisi namun pas dibuka ternyata isinya cuman rengginang??? Ayo siapa yang merasa pernah tertipu sama kaleng biscuit? hehehehehee..  Kalau aku pribadi malah senang banget kalo ternyata isinyaa itu rengginang yang renyah dan gurih itu!

Mungkin tidak hanya aku, diantara banyaknya kue kering yang di suguhkan bahkan hampir setiap rumah ada, banyak sekali sodara dan paratamu dari kota-kota besar yang lebih memilih rengginang yang pertama di pilih. karena mereka mungkin bosan dengan aneka jenis kue kering dan biskuit. Atau bisa juga mereka kangen dengan camilan tradisional ini di masa kecilnya.

Rengginang ini bisa di bilang cemilan yang tidak ada matinya, meskipun terkesan jadul namun rasanya tidak lekang oleh waktu, dari jaman dulu hingga sekarang ranggining tetap menjadi favorit semua keluarga yang menyukainya. Padahalkan camilan yang satu ini termasuk camilan yang sangat-sangat sederhana, mau itu dari bahan atau cara membuat nya. Bahan utama yang di gunakan hanya beras ketan, bawang putih dan garam saja. Tetapi rasa yang di hasilkan sangat enak dan bikin nagihh terus. Ayo bunda ngaku saja, kalau bunda ambil rengginang dari dalam toples pasti tidak cukup kalo cuman ambil satu? hehehe.

Kali ini aku mau coba resep Rengginang Istimewa dari bunda Susi Agung, karena resepnya agak sedikit berbeda dengan resep rengginang yang berseliweran di luar sana, dan yang membedakannya ialah tambahan air santan yang bikin hasil rengginangnya lebih enak dan gurih.

Rengginang

Bahan-bahan:
  1. Beras ketan 500 gram
  2. Santan 750 ml
  3. Bawang putih (haluskan) 4 siung
  4. Garam secukupnya

Cara Membuat Rengginang
  • Dalam dandang, didihkan air dan sambil nunggu, cuci 500 gram beras ketan, lalu setelah airnya mendidih, kukus beras ketan tersebut selama 20 menit dan matikan apinya.
  • Campurkan 750 ml air santan dengan 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan dan garam secukupnya, lalu masukkan ke dalam ketan yang sudah di kukus tadi dan aduk hingga rata. krmudian biarkan beberapa saat sampai air santan dan bumbu terserap habis.
  • Cetak adonan rengginang dengan bentuk bulat, lalu jemur dibawah teriknya sinar matahari selama beberapa hari atau hingga kering.
  • Apabila sudah kering, artinya rengginang siap bunda goreng, tetapi pastikan bund ya sebelum di goreng, rengginangnya sudah dingin, karena kalau digorengnya ketika masih panas yang di sebabkan sinar matahari, nanti hasil gorengannya kurang begitu mekar.
  • Goreng rengginan di atas api sedang hingga mekar dan matang, lalu tiriskan dan simpan di dalam wadah kedap udara/toples.

Selesai..! Bahannya cukup sederhana dan mudah banget kan bund? Oh iya, jika bunda suka bunda bisa menambahkan terasi untuk menambah citarasanya, cukup tambahkansedikit terasi bakar ke dalam adonan, nanti rasanya akan menjadi lebih gurih seperti ada rasa udangnya gitu. Enak deeh pokoknyaa bund!

Selamat mencoba bund ya..!

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments