Resep Membuat Kacang Bawang Yang Renyah dan Gurih

Resep Membuat Kacang Bawang Yang Renyah dan Gurih

Resep Membuat Kacang Bawang Yang Renyah dan Gurih

Resep Kacang Bawang
Kacang Bawang Empuk, Gurih & Renyah - Alhamdullilah Kacang bawang yang aku bikin rasanya, enak, empuk, gurih dan renyah, karena sebelum aku goreng, kacangnya direndam dulu di dalam air santan. Banyak yang bilang bikin kacang goreng bawang jika di rendam pakai santan dulu nanti rasanya mirip-mirip dengan kacang mete. Setelah aku coba bikin memang rasanya agak sedikit mirip. Tapi tenag bunda rasa khas kacang bawangya makin menonjol, cuman yang ini lebih empuk dan gurih-gurih nyoyyy gitu.

Selain itu untuk menggoreng kacang bawang supaya lebih renyah, bisa bunda rendam juga dalam air kapur sirih sedikit saja, nah setelah itu baru direndam dalam garam dan bawang putih yang sudah di haluskan, kebetulan aku lebih menyukai kacang bawang yang bawang putihnya banyak, dan selain buat rendaman aku juga sedikit tambahkan bawang putih yang diiris-iris ketika menggoreng kacang bawang, jadi ada taburan kriuk-kriuknya ketika di makan, pokoknya enak banget deh rasanya.

Bunda penasarankan? silahkan simak resepnya di bawah ini :

Kacang Bawang Putih

Bahan - bahan
  1. Kacang tanah 250 gram, lalu rendam di dalam air yang mendidih, kemudian kupas kulitnya ( atau juga bisa bunda pakai kacang yang udah dikupas dari waktu beli jika mau praktis, tapi tetap harus direndam dulu di dalam air mendidih supaya nanti kacangnya agak mekar )
  2. Bawang putih 3 siung untuk bumbu rendaman
  3. Bawang putih 4 siung untuk di iris-iris tipis
  4. Daun jeruk nipis secukupnya jika suka
  5. Santan kental 100 ml ( secukupnya )
  6. Garam dan gula pasir sesuai selera (untuk gulanya lebih baik sedikit aja, karena itu cuma *colokan* gurih saja bund ya)
  7. Kapur sirih secukupnya ( hanya optional/tidak pakai juga tidak apa-apa )

Cara membuat kacang goreng bawang
  • Larutkan 1/4 sendok teh kapur sirih dengan air secukupnya, lalu rendam kacang sampai terendam semuanya, dan biarkan selama 30 menit.
  • Tiriskan kacang, lalu rendam lagi di dalam air santan yang sudah di kasih bumbu, seperti bawang putih yang di haluskan dengan 1/2 sendok teh gula pasir, dan garam sesuai selera, sampai kacangnya terselimuti santan, dan biarkan selama 30 menit.
  • Panaskan minyak, lalu goreng kacang di atas api sedang bersama dengan irisan bawang putih dan irisan daun jeruk.
  • Apabila irisan bawang putih dan daun jeruk nipis sudah renyah duluan, bisa di angkat dulu bawangnya.
  • Setelah kacang warnanya sudah keemasan, segera bunda angkat, karena proses pematangan masih akan terus berlangsung ketika sudah di angkat, apabila bunda biarkan sampai warnanya coklat tua di dalam minyak yang panas, nanti ketika kacang sudah di angkat bisa terkihat gosong.

Selesai! selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resepnya ke teman bunda yang lain melalui sosial media yang bunda gunakan, semoga bisa membantu.

Oia lupa, ada sedikit tips bund ya, bagi para bunda pembaca setia www.inirecipes.id yang baru belajar masak, kalau goreng klethikan begini, jangan memakai wajan alumunium tipis bund ya, karena itu sangat menghantar panas, jadi mudah gosong tapi belum matang sempurna bahan yang di goreng.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments