Resep Kue Tambang Keju Coklat

Resep Kue Tambang Keju Coklat

Resep Kue Tambang Keju Coklat

Kue Tambang Keju Coklat
Resep Kue Tambang Keju Coklat - Kue kering yang satu ini di kenal kue tambang atau kue untir-untir. kenapa coba di beri nama kue tambang?... mungkin karena bentuknya mirip seperti tambang dan cara pembuatnya juga di pelintir-pelintir. Namun sayang sekali kue tradisional ini semakin jarang kita bisa temui di pasar-pasar  tradisional atau modern. Padahal kue ini salah satu kue favorit semasa kecil dulu, karena bentuknya cukup unik yang dapat memberikan keasyikan tersendiri ketika sedang memakannya.

Alhamdullilah aku nemu resep kue tambang ini, ternyata bahan dan cara bikin kue tambang ini cukup mudah dan sederhana. Bunda pembaca setia INIRecipes.id juga bisa mencoba bikin dengan resep ini di rumah untuk camilan teman nge teh di sore hari. Selain itu Kue tambang ini cocok di jadikan sajian lebaran nanti dalam menyambut para tamu yang datang, siapa tau dapat memberikan suasana nostalgia pada semua para tamu yang berkunjung ke rumah.

Kue Tambang

Bahan - bahan kue tambang
  1. Tepung terigu sebanyak 250 gram
  2. Gula halus sebanyak 100 gram
  3. Mentega/margarin sebanyak 50 gram
  4. Telur ayam sebanyak 2 butir
  5. Soda kue sebanyak 1/2 sendok teh
  6. Garam sebanyak 1/4 sendok teh
  7. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat kue tambang:
  • Dalam wadah, campurkan 250 gram tepung terigu, dengan 100 gram gula halus, 1/4 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh soda kue, dan aduk hingga rata.
  • Setelah itu masukkan 50 gram margarin dan 2 butir telur ayam, lalu aduk kembali hingga kalis dan diamkan adonan selama 15 menit hingga adonannya mengembang.
  • Ambil adonan sedikit lalu bentuk dengan memanjang, kemudian lipatkan menjadi dua, dan untir-untir, sampai bentuknya mirip dengan tambang
  • Lakukan terus sampai adonan habis, dan goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang atau warnyanya menjadi kuning ke emasan.

Selesai deh kue tambangya di bikin, mudah kan bund bikin kue tambang ini? Bunda juga apabila mau coba bikin di rumah bisa di kreasikan seperti menambahkan coklat pada salah satu adonan makan kue tambanya akan terlihat cantik dan menarik seperti pada gambar di atas., atau bunda juga Bisa menambahkan parutan keju pada adonan supaya nanti rasanya lebih gurih dan enak.

Selamat mencoba bunda ya dan jangan lupa untuk like dan share resep kue tambang renyah ini!....

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments