Resep Singkong Goreng Keju. Merekah, Empuk dan Gurih!

Resep Singkong Goreng Keju. Merekah, Empuk dan Gurih!

Resep Singkong Goreng Keju. Merekah, Empuk dan Gurih!

Resep Singkong Goreng Keju. Merekah, Empuk dan Gurih!
Singkong melepuh?.. hayo apa!... dalam bahasa Jawa biasa di sebut singkong goreng  yang mlethek mlethek/meka! Olahan singkong goreng ini beberapa waktu lalu sangat popular, sampai di jadikan jajanan, biasanya memakai gerobak dan di jual dipinggir-pinggir jalan. Biasa di kenal juga namanya singkong keju.

Terus apa bedanya antara singkong goreng keju ini dengan singkong goreng biasa pada umumnya?
Singkong goreng keju ini luarnya terlihat garing, namun didalam teksturnya itu lembut, dan empuk banget ketika di makan.

Singkong goreng keju ini berasal dari Bandung, sudah biasa mungkin untuk warga Bandung karena kota tersebut selalu berinovasi dalam resep-resep jajanan pasar yang unik, Nah waktu aku baca di kabar berita ada salah satu penjual singkong keju yang cukup terkenal di kota Bandung, menjelaskan bagaimana proses menggoreng singkong supaya merekah seperti itu, dia berkata cara membuatnya cukup mudah dan simple hanya di goreng dua kali saja, yang pertama di goreng setengah matang, setelah itu di rendam di dalam air dingin yang sudah di kasih bumbu.

Di keesokan harinya aku mencoba bikin singkong keju dengan tips di atas, karena jiwa penasaranku muncul, namun setelah aku coba ternyata tidak melepuh singkongnya sampai aku tunggu beberapa jam loh bund. dan akhirnya dalam perasaan kecewa aku kukus saja  bentar singkong tersebut lalu aku rendam di dalam air dingin yang sudah di kasih bumbu tadi dan alhamdullilah tidak sampa 1 jam singkongnya sudah merekah dan melepuh begitu saja..horeeee.

Dari dulu sebenarnya kalau aku mengolah singkong goreng supaya tersa empuk suka dan selalu dikukus dulu sebelum di goreng. Tapi si penjual singkong tadi tidak salah semuanya penuturan di kabar berita itu, tipsnya yang harus di rendam di dalam air dingin itu memang benar karena akan menjadi singkong yang kita goreng bisa lebih merekah/mekar.

Dan hasil akhirnya alhamdullilah rasanya enak binggo singkong gorengnya bunda, terasa garing di luar dan tersan lembut di dalam setelah di gigit serta bumbunya itu meresap dengan sempur eummm yummmy deh pokonyaaa.

Singkong Keju

Bahan  - bahan
  • Singkong sebanyak 500 gram

Bahan bumbu
  • 3 siung bawang putih 3 siung
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Garam secukupnya
  • Air dingin / es untuk merendam singkong

Cara Membuat Singkong Goreng Keju
  1. Kupas 500 gram singkong tersebut dan bersihkan, lalu kukus hingga setengah matang saja, dan jangan sampai lembek bunda ya.
  2. Setelah di kukus setengah matang langsung rendam di dalam air dingin yang sudah di campur dengan bumbu-bumbu dan garam secukupnya hingga singkongnya terendam penuh, rendam sampai singkong merekah.
  3. Apabila singkong sudah terlihat merekah angkat dan tiriskan lalu goreng di atas minyak yang panas menggunakan api sedang sampai warnanya kuning kecoklatan dan dibagian luarnya terlihat kering.
  4. Angkat dan sajikan selagi masih hangat dengan keju parut atau sambal terasi juga enak lho bund jika suka hehhe...

Selamat mencoba!... Jangan lupa bagikan resepnya ke teman bunda yang lain melalui sosial media yang bunda gunakan.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments