Resep Kacang Mede Karamel Pedas Manis. Enaknya Nendang Abiss!

Resep Kacang Mede Karamel Pedas Manis. Enaknya Nendang Abiss!

Resep Kacang Mede Karamel Pedas Manis. Enaknya Nendang Abiss!

Resep Kacang Mede Karamel Pedas Manis
Resep Kacang Mede Karamel Pedas Manis - Untuk aku pribadi dan keluarga, suguhan yang paling dinanti ketika pas hari raya Lebaran kemaren bukan kue kering yang beraneka jenis dan rasanya, tetapi kacang mete! bentul sampai-sampai di rumah stock kacang mete untuk suguhan para tamu malah sudah habis duluan sebelum hari raya tiba, gara-garanya orang rumah semuanya pada suka hehehe.....

Selain bikin kacang bawang yang kemarin aku tulis di sini, kacang mede juga paling sering aku suguhkan kepada paratamu yang datang dihari Raya Idul Fitri. Kacang metenya tidak hanya cuman digoreng biasa saja, tapi ada juga yang di bikin menjadi Kacang mede goreng madu, goreng tepung kriuk, dan variasi lainnya

Namun untuk kali ini aku mau coba resep kacang mede yang di balut karamel pedas-manis karena kata temanku bunda Tanty Siskadewi yang punya resep, rasa nya enak danm nendang abissss. Sangat cocok untuk bunda yang suka dengan camilan yang pedas-pedas seperti aku ini.

Kacang Mede Karamel Pedas Manis

Bahan-bahan:
  1. Kacang mede 500 gram
  2. Cabe keriting 10 buah
  3. Cabe rawit merah 8 buah
  4. Bawang putih 4 siung
  5. Bawang merah 2 siung
  6. Gula dan garam secukupnya
  7. Air secukupnya
  8. Daun jeruk potong kecil kecil secukupnya

Cara Membuat Kacang Mede Karamel Pedas Manis
  • Didihkan air secukupnya, lalu siramkan ke atas kacang mede yang masih mentah dan biarkan selama 10 menit atau hingga dingin. kemudian tambahkan 1 sendok teh garam, aduk rata, diamkan lagi selama 5 menit.
  • Panaskan minyak goreng di atas wajan, lalu goreng kacang mede, di atas api kecil, dan setelah kacang  matang, segera angkat dan sisihkan.
  • Haluskan bawang-bawangan dengan cabe sampai menggunakan ulekan hingga halus, lalu tumis dengan 2 sendok makan minyak sampai harum, kemudian tambahkan garam, gula dan air secukupnya. masak terus hingga menjadi karamel.
  • Setelah menjadi karamel, langsung masukkan kacang mede yang telah di goreng tadi, aduk sampai semuanya tercampur rata dengan bumbu karamel tersebut.

Selesai deh! Kini Kacang Mede Karamel Pedas Manis sudah siap bunda cicipi dan setelah kacang dingin segera masukkan ke dalam wadah kedap udara/toples.

Tips membuat kacang mete :

1. Supaya kacang medenya cepat matang ketika di goreng, bisa bunda masukkan ke dalam oven dulu sampai setengah mateng saja, dan ketika lagi menggoreng jangan lupa untuk di bolak-balik supaya tidak gosong.

2. Pastikan dulu minyak sudah benar-benar panas dan kecilkan api hendak menggoreng kacang.

3. Yang perlu di perhatikan membuat mete karamel ini, memasukan kacang harus dalam keadaan air didalam wajan nya sudah benar-benar menyusut, agar nanti kacangnya tidak melempem.  Jadi, masaklah bumbu sampai benar-benar matang, berambut, dan memiliki konsentrasi yang cukup kental.

4. Setelah itu baru masukan kacang metenya, aduk-aduk hingga bumbunya menyatu dan kering. Dengan begitu, kacang mete tetap renyah dan garing meskipun disimpan dalam jangka waktu cukup lama di dalam topless.

Resep: Tanty Siska Dewi‎

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments