Resep Kue Nastar Isi Cokelat Lebih Enak dan Legit

Resep Kue Nastar Isi Cokelat Lebih Enak dan Legit

Resep Kue Nastar Isi Cokelat Lebih Enak dan Legit

Resep Kue Nastar Isi Cokelat
Resep Kue Nastar Isi Cokelat - aku bikin kue nastar cokelat ini dalam rangka memenuhi orderan, dan beliau memesan 2 varian kue nastar yaitu kue nastar klasik original isi selai nanas dan kue nastar isi cokelat.

Untuk kulit kue nastar cokelat ini sebenarnya sama aja dengan resep kue nastar klasik original, cuman isiannya di ganti dengan cokelat bentuk pasta, lalu dibagian permukaannya aku beri motif corat-coret dengan DCC/dark chocolate yang sudah di lelehkan.

Pertama kali aku lihat nastar isi coklat ini sudah lama sekali dari temanku bunda Nien Ieng di websitenya, setelah itu aku sempat mau coba bikin, namun belum pernah kesampaian karena aku sibuk ngejar pesanan kue nastar klasik original dan keju saja, heheheea....

Sebenarya untuk resep kue nastarnya bisa bunda pakai resep andalan masing-masing, seperti resep nastar klasik, resep nastar ny liem dan resep nastar NCC, namun berikut aku sertakan juga pada resep nastar isi cokelat di bawah ini, untuk referensi atau koleksi resep nastar nya :

NASTAR ISI COKELAT

Bahan - Bahan Untuk Kulit Nastar Cokelat
  1. Butter dan margarin 250 gram (aku pakai 1:1)
  2. Kuning telur 3 butir (ukuran besar)
  3. Gula bubuk 60 gram
  4. Vanilla bubuk 1/2 sendok teh
  5. Susu bubuk 25 gram
  6. Tepung terigu protein sedang/all purpose flour 370 gram (masukkan sesuai kebutuhan adonan)

Bahan Untuk Olesan:
  1. Kuning telur 2 butir
  2. Susu cair 1 sendok teh (Supaya lebih encer dan lebih merata kenika dioleskan)
  3. Campurkan dan aduk rata

Bahan Untuk Topping:
  1. DCC/Dark cooking chocolate, secukupnya lalu lelehkan. kemudian masukkan ke dalam piping bag/plastik bentuk segitiga.

Bahan Untuk Isian Cokelat:
  1. Tepung terigu protein sedang, lalu ayak 100 gram
  2. Cokelat bubuk 20 gram
  3. Gula pasir 90 gram
  4. Butter/margarin 35 gram
  5. Air matang 35 gram
  6. Dark cooking chocolate, dicincang 75 gram

Cara Membuat Kue Nastar Isi Cokelat

Membuat Isian:
  • Campurkan dan ayak 100 gram tepung terigu dengan cokelat bubuk dan sisihkan.
  • Campurkan 90 gram gula pasir, 35 gram butter/margarin dan 35 gram air, lalu panaskan di atas api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih dan gulanya larut.
  • Masukkan 75 gram dark cooking chocolate yang sudah dicincang dan aduk lagi hingga cokelatnya meleleh dan tercampur dengan rata, matikan api.
  • Masukkan campuran tepung terigu dengan cokelat bubuk yang sudah di ayak tadi, lalu aduk rata menggunakan sendok kayu, kemudian nyalakan lagi api kecil, dan aduk terus hingga adonan membentuk seperti pasta yang licin dan kalis, angkat, biarkan hangat pada suhu ruang saja.
  • Setelah hangat, segera pulung adonan isi tersebut, lalu bentuk seperti kelereng atau sesuaikan dengan besar kecilnya ukuran kue nastar yang bunda bikin, Sisihkan.

Membuat Kulit Nastar Isi Cokelat
  • Campurkan butter+margarin dengan 60 gram gula bubuk dan 1/2 sendok teh vanilla, lalu kocok menggunakan mixer kecepatan rendah sampai lembut saja, tidak usah sampai mengembang.
  • Masukkan 3 butir kunig telur, lalu kocok asal rata sebentar saja, dan matikan mixer.
  • Masukkan 25 gram susu bubuk, dan aduk menggunakan sendok kayu hingga rata.
  • Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil terus diaduk rata menggunakan sendok kayu, dan sesuaikan untuk jumlah tepung terigunya dengan kondisii adonan, apabila adonan di rasa sudah pas teksturnya dan bisa di pulung (sudah tidak lengket lagi tetapi masih terasa lembut dan tidak kering bund ya) dan terigunya masih ada sisa, segera hentikan penambahan tepung terigunya, karena jangan sampai adonanya terlalu kering.
  • Panaskan oven dengan suhu 130-140'C
  • Sambil menunggu pulung adonan dengan ukuran sesuai selera lalu beri isian cokelat kemudian bulatkan dan tata di atas loyang (aku tidak tidak pernah mengolesi loyang dengan butter/margarin).
  • Setelah semua adonan sudah di beri isian, panggang di dalam oven selama 15-20 menit, lalu keluarkan dari dalam oven, kemudian poles permukaannya dengan bahan olesan dan panggang lagi 15-20 menit/sampai matang serta bagian permukaannya sudah terlihat berwarna kuning keemasan, angkat dan dinginkan.
  • Kasih topping bagian atasnya dengan coretan dark chocolate leleh lalu biarkan toppingnya kering dan mengeras, kemudian simpan nastar di dalam toples /wadah kedap udara.

Sedikit Tips:

Dalam mengocok butter dengan margarin tidak usah lama-lama/sampai mengembang cukup sampai lembut saja bund ya, karena berakibat nantinya kue nastar akan menjadi  tidak bulat/ceper, atau melebar ketika dipanggang.

Untuk penambahan tepung terigu bisa bunda sesuaikan dengan kondisi adonan. apabila adonan teksturnya sudah pas dan sudah bisa dipulung, tidak lengket ketika disentuh jari tetapi masih dalam keadaan lembut namun tidak kering, dan terigunya masih ada sisa, segera hentikan penambahan tepungnya, karena adonan tidak boleh terlalu kering.

Apabila ketika membentuk dan memberi isian cokelat keadaan suhu ruangan cukup hangat/gerah, sebaiknya ambil sebagian adonan untuk di bentuk dan sisanya bunda bungkus pakai plasik wrap lalu simpan di dalam lemari es supaya butter yang ada di dalam adonan tidak cepat mencair yang menyebabkan nanti adonan menjadi keras.

Selamat mencoba and good luck bund ya!

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments