Resep Rendang Daging Khas Padang Yang Empuk dan Lezaaat

Resep Rendang Daging Khas Padang Yang Empuk dan Lezaaat

Resep Rendang Daging Khas Padang Yang Empuk dan Lezaaat

Resep Rendang Daging Khas Padang
Resep Rendang Daging - Resep rendang daging sapi adalah salah satu masakan khas Minangkabau, bukan hanya di indonesia saja sekarang sudah mulai dikenal di Eropa, rahasia kelezatan dari masakan rendang ini terdapat pada bumbunya yang kaya akan rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, ketumbar dan jintan.

Yang perlu bunda ketahui membuat rendang daging harus benar-benar extra sabar, karena memerlukan waktu cukup lama, minimal 2.5 jam, bahkan kata orang Minang sediri perlu waktu sampai 4 jam.

Kata temanku orang minang/melayu bilang kalau memasak, tidak pernah pakai gula dan tentunya berlaku juga untuk memasak rendang ini, lalu bumbu rendangnya wajib digiling semua termasuk lengkuas dan jahe bukan hanya di geprek sja, karena kalau hanya digeprek katanya bukan rendang,

Dalam resep rendang yang aku bikin ini tidak pakai daun kunyit dan asam kandis, karena kedua bahan tersebut tidak ada di tempat tinggalku sekarang, kalo si tempat bunda ada boleh di tambahkan secukupnya saja ya

Rendang Daging

Bahan - bahan
  • Daging sapi gandik atau paha, dipotong sesuai selera 1 kg
  • Serai, 2 buah digeprek, lalu potong menjadi 2 bagian
  • Daun kunyit 1 lembar
  • Asam kandis 1 buah ( bisa diganti dengan 1 sendok teh asam jawa jika tidak ada)
  • Daun jeruk purut 5 helai
  • Santan kental 2 liter
  • Garam secukupnya

Bahan bumbu yang dihaluskan
  • Cabe merah, buang bijinya 250 gram
  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Lengkuas segar, kupas 25 gram
  • Jahe, kupas 25 gram

Cara Membuat Rendang Kahs Padang
  1. Kupas dan Cincang semua bahan bumbu yang dihaluskan, lalu blender hingga halus.
  2. Supaya mudah dalam proses penghacurannya bisa bunda tambahkan santan sekitar 50 ml saja.
  3. Masukkan bumbu halus tersebut ke dalam daging yang sudah di potong-potong, aduk-aduk sampai rata, lalu pindahkan ke atas wajan besar (kapasitas minimnya untuk 4 liter).
  4. Tuangkan sisa air santan, dengan 2 buah serai serai, 1 buah asam kandis, 5 helai daun jeruk purut dan 1 lembar daun kunyit.
  5. Masak daging di atas api besar sampai santan mendidih/kira-kira selama 30 menit.
  6. Setelah mendidih Kecilkan api ke posisi sedang, dan masak kembali selama 1.5 jam hingga keluar minyak, aduk bund ya sekali-kali saja.
  7. Cicipi untuk test rasa, lalu tambahkan garam sesuai selera.
  8. (Catatan : sebenarnya sampai di sini daging sudah matang dan sudah bisa bunda santap dengan kuah yang kental, namanya Kalio).
  9. Apabila sudah keluar minyak segera kecilkan apinya, dan masak kembali selama 30 menit sambil terus di aduk-aduk sampai santannya kering dan minyak terserap oleh daging. angkat, matikan api

Selesai deh!,,, Kini rendang daging sapi khas padang minang asli yang empuk dan gurih ini sudah siap bunda hidangkan dengan 1 piring nasi panas, lalapan/rebusan daun singkong muda dan sambal lado mudo eummm nyam-nyam.

Catatan:
Apabila bunda lebih suka rendang yang warnanya kehitaman, bisa bunda tambahkan kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus dan keluar minyaknya.

Kalau aku pribadi lebih menyukai rendang yang tidak terlalu kering, karena nanti ketika di nikmati sama nasi panas bisa sambil dicocol Saus bumbunya hehehe

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments