INI Dia 5 Manfaat Madu Yang Menyegarkan, Untuk Kesehatan! Wajib Bunda Ketahui

INI Dia 5 Manfaat Madu Yang Menyegarkan, Untuk Kesehatan! Wajib Bunda Ketahui

INI Dia 5 Manfaat Madu Yang Menyegarkan, Untuk Kesehatan! Wajib Bunda Ketahui
INIRecipes.ID - Ketika minum teh atau makan roti tawar biasanya kita ingin menambahkan sesuatu yang manis. Kita bisa menambahkan gula atau susu kental manis, untuk menjadikannya lebih nikmat. Namun kamu bisa menggantinya dengan madu, yang menawarkan manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan tubuh.

Jadi jika kamu berpikir gula berbahaya untuk kamu, kamu mulai bisa menggantinya dengan madu. Berikut ini adalah 5 manfaat madu yang menyegarkan.

1. Manfaat Madu - Membantu Mengatur Gula Darah

Menurut penelitian madu memiliki manfaat bagi kesehatan yang lebih banyak dibandingkan dengan gula. Selama proses pembuatan madu, lebah memisahkan molekul madu menjadi glokosa dan fruktosa, yang mana tubuh kita dapat langsung menyerapnya. Sementara gula (sukrosa), tubuh kita membutuhkan proses untuk memisahkannya sebelum menggunakannya sebagai energi, yang menyebabkan tingkat gula darah meningkat tajam.

2. Manfaat Madu - Meningkatkan Pertumbuhan Bakteri Baik

Penelitian menyebutkan bahwa mengganti gula dengan madu dapat membantu untuk mencegah efek berbahaya dari bakteri jahat di dalam usus dengan menyediakan probiotik yang dapat meningkatkan bakteria baik. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari madu, kamu harus memilih yang masih murni dengan proses yang sedikit mungkin. Pemanasan, penyaringan dan pemrosesan madu dapat menghilangkan enzim dan nutrisi yang ada padanya.

3. Manfaat Madu - Meningkatkan Fungsi Otak

Meski masih sedikit penelitian yang membuktikannya. Madu murni diketahui mengandung senyawa aktif alami yang dapat meningkatkan daya ingan dan merendahkan kecemasan. Dalam penelitian yang dilakukan pada wanita menopause yang diberi madu sebagai suplemen, hasilnya menunjukan perbaikan langsung pada daya ingat.

4. Manfaat Madu - Mengobati Sakit Tenggorokan dan Batuk

Madu telah sangat lama menjadi obat rumahan yang popular untuk menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk. Karena madu memiliki anti radang dan anti bakteri alami. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak berusia dua tahun dengan infeksi saluran pernapasan, dua sendok teh madu diminumkan sebelum tidur. Terbukti dapat mengurangi batuk di malam hari dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Meski aman untuk anak-anak di atas satu tahun, namun madu belum boleh diberikan kepada bayi, karena kekhawatiran botulisme.

5. Manfaat Madu - Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi tubuh kita, dengan 17 gram per sendok makan, madu dapat memberikan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh setelah bangun tidur, sebelum berolahraga berat, atau kapan saja disaat kita lemas. Madu tidak memiliki protein, lemak atau serat, untuk itu, cukup sedikit saja tidak sampai satu sendok makan penuh untuk menghindari lonjakan insulin. Meski begitu madu memiliki 80 nutrisi yang berharga termasuk vitamin A, C, D, E, K dan semua B komplek, ditambah mineral penting seperti kalsium, magnesium, kalium, zinc dan lainnya.

BACA JUGA YANG INI:

INI Dia 5 Manfaat Madu Yang Menyegarkan, Untuk Kesehatan! Wajib Bunda Ketahui

Baca Juga Ini