Resep Membuat Pancake Kentang Keju. Enak, Gurih dan Empuk

Resep Membuat Pancake Kentang Keju. Enak, Gurih dan Empuk

Resep Membuat Pancake Kentang Keju. Enak, Gurih dan Empuk

Resep Membuat Pancake Kentang Keju. Enak, Gurih dan Empuk
Resep Membuat Pancake Kentang Keju - Cara membuat pancake kentang ini sangat gampang sekali dan praktis, cocok sekali apabila di jadikan salah satu menu sarapan di pagi hari, karena pancake kentang bisa mengenyangkan.

Pancake kentang ini bisa bunda sajikan dengan saus sambal favorit atau kalau untuk anak-anak bisa pakai saus mayo seperti anakku, dan kalau aku lagi ada waktu suka dibuatkan saus lada hitam, saus asam manis atau saus jamur. tapi kalo mau praktis bisa bunda sajikan dengan saus bolognese banyak yang jual di market terdekat.

Pancake kentang yang sekarang aku buat ini tanpa bahan pelengkap macam-macam, krena aku menyesuaikan dengan bahan yang  di kulkas, kebetulan lagi sereet hehhe, tapi kalau bunda mau pancake yang lebih spesial, bisa bunda tambahkan daging atau ayam giling pada adonannya, dan bisa juga menambahkan irisan sosis atau jamur, tinggal bunda variasikan saja dengan selera keluarga bunda di rumah ya, dan berikut ini resepnya :

Pancake Kentang Keju

Bahan - Bahan
  • Kentang, kupas dan parut 500 gram
  • Telur 3 butir
  • Tepung terigu 3 sendok makan munjung
  • Keju cheddar parut 75 gram
  • Garam dan merica bubuk secukupnya
  • Daun bawang, iris-iris 1 batang
  • Margain leleh 5 sendok makan

Cara Membuat Pancake Kentang
  1. Peras 500 gram parut kentang, aku pakai serbet bersih, sisihkan.
  2. Kocok lepas 3 butir telur, lalu masukkan 1 batang irisan daun bawang, merica, gram secukupnya dan 3 sendok makan munjung tepung terigu, aduk rata.
  3. Masukkan parutan kentang yang sudah di peras tadi ke dalam kocokan telur, lalu tambahkan 75 gram keju parut dan 5 sendok makan margarin leleh, aduk rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket (aku pakai teflon berdiameter 10 cm), lalu tuangkan adonan dan masak sampai matang kedua sisinya, lakukan terus sampai adonan habis.
  5. Sajikan pancake kentang selagi masih hangat dengan saus favorit

Notes

1. Ketika memasak pakai api keciiil saja supaya kentang bisa matang dengan sempurna dan tidak cepat gosong tentunya.

2. Tekstur kentangnya masih ada terasa "krenyes" tetapi tetap bisa matang.

3. Bisa juga bunda sajikan untuk anak balitanya dan kentangnya setelah di parut bisa bunda rebus atau dikukus sebentar saja supaya teksturnya terasa lebih lembut.

Selamat mencoba

Resep & Foto by Catatan-Nina

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments