Resep Roti Sosis Yang Empuk dan Lembut Meski Tanpa Telur

Resep Roti Sosis Yang Empuk dan Lembut Meski Tanpa Telur

Resep Roti Sosis Yang Empuk dan Lembut Meski Tanpa Telur

Resep Roti Sosis Yang Empuk dan Lembut Meski Tanpa Telur
Resep Roti Sosis Tanpa Telur Tapi Empuk dan Lembut! - Horeee... hari ini adalah hari yang sangat menyenagkan bagiku, karena hasil uji cobaku membuat roti sosis tanpa menggunakan telur sukses bund. Meskipun tanpa memakai telur, hasil roti yang aku bikin teksturnya tetap empuk dan sanagat lembut. Dari satu adonan, aku bikin roti sosis panggang memakai oven dan goreng, rasanya tidak kalah dengan roti yang memakai 4 butir kuning telur yang pernah aku bikin. yang terfavorit, tentunya menurutku yang di goreng, hehehe. Setelah rotinya matang dari atas penggorengan, langsung aku coba 1 gigitan, hemmm, lembut banget bund, pokonya menggoda lidah untuk menggigit lagi dan lagi, pada akhirnya 1 roti isi sosis yang ukuran besar di tanganku sudah lenyap hehehehe.


Memang membuat Roti tanpa menggunakan telur bisa empuk ?... sangat bisa sekali bund, rahasianya adalah ada di penggunaan tepung, harus pakai Tepung Kentang Flakes. Sebenarnya sudah lama aku penasaran banget, mencampurkan tepung kentang flakes tanpa diseduh dulu, ke dalam adonan roti. Ternyata oh ternyata, sangat works, works, works hehehe !... Berhasil karena bisa membuat adonan roti menjadi empuk, walaupun tanpa memakai telur sama sekali, selain itu aku pakai susu hangat dan mentega jadi klop dech..roti hasil buatanku terasa uenak dan super lembutt.

Dari satu adonan aku bagi menjadi dua bagian, satu bagian dipanggang, menjadi roti sosis flat dan satu bagian lagi di goreng, aku jadikan roti gulung isi sosis, dan hasilnya sama-sama enak dan lembut, tetapi yang di goreng lebih gendut hasilnya, karena roti goreng terendam dengan minyak yang panas, jadi proses pengembangannya bisa double sampai 3 kali dari ukuran semula. Jadi apabila bunda memilih untuk digoreng, di sarankan ukurannya kecil-kecil aja ya bund rotinya, sebab nanti roti akan mengembang gede, dan supaya bisa lebih matang sempurna sampai ke bagian dalamnya.

Ada beberapa temanku yang menanyakan, kenapa roti goreng yang di bikinya selalu bagian dalamnya masih terasa mentah, itu di sebabkan tehnik menggoreng yang kurang benar, atau alat penggorengannya kurang tepat, solusinya ialah dalam menggoreng roti, di sarankan pakai teknik deep frying/jangan pelit-pelit minyak bund ya hehehe... dan juga apabila ada sebaiknya memakai minyak padat supaya hasilnya bisa lebih bagus, lebih keset dan tidak berminyak serta lebih awet apabila mau di pakai buat bakulan, sebab tidak mudah bau tengik dan empuknya awet.

Untuk wajan atau panci yang di pakai untuk menggoreng, di sarankan menggunakan wajan yang tebal supaya panas minyak bisa stabil dan tidak mudah gosong di bagian luar, dan mentah di dalam. panaskan dulu minyak, tapi panasnya jangan terlalu panas, cukup sedang dan stabil.

Ketika menggoreng roti dalam satu wajan, jangan terlalu banyak bund ya, cukup 2 atau 3 biji saja, supaya roti bisa matang dan mengembang sempura, serta suhunya stabil, Mungkin itu sedikit tips dari bunda diah didi semoga tidak ada lagi yang gagal dalam menggoreng roti.

Dan berikut ini adalah resep roti sosis tanpa telur dari bunda diah didi :

Roti Sosis Tanpa Telur

Bahan Adonan
  • Tepung terigu protein tinggi 270 gram
  • Ragi instan 2 sendok teh ( wajib Pakai ragi yang masih baru dan masih aktif)
  • Susu cair hangat 260 ml (Panaskan sampai suam-suam kuku aja, jangan sampai mendidih bund ya )
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Tepung Kentang Flakes 50 gram (tidak perlu di seduh dulu)
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Mentega tawar 2 sendok makan (aku memakai BOS filma, pengganti butter saja. ekonomis, buat yang suka butter mahal dan wangi, silahkan pakai itu juga tidak apa-apa)

Cara Membuat Adonan Roti:

Campurkan 270 gram tepung terigu, dengan 50 gram tepung kentang flakes , 2 sendok makan gula dan 2 sendok teh ragi, aduk sampai rata

Tuangkan 260 ml susu cair hangat sedikit-sedikit, lalu uleni adonan sampai rata dan lembut, susu cair yang di pakai cukup hangat suam-suam kuku bund ya/bukan panas. Kalau memakai susunya panas nanti raginya bisa mati, yang menyebabkan adonan tidak mau mengembang. Pada tahap ini adonannya memang terasa lengket, tetapi bunda jangan khawatir.

Masukkan 2 sendok makan mentega dengan 1/2 sendok teh garam, lalu aduk rata dan uleni kembali sampai menjadi adonan yang lembut, penggunakan mentega ini akan mengurangi lengket pada adonan, apabila adonan sudah halus, tutup dengan plastik atau serbet bersih, dan biarkan selama 1 jam supaya adonan bisa mengembang (Fermentasi  1)

Setelah satu jam berlalu, adonan akan naik menjadi dua kali lipatnya, lalu tonjok-tonjok adonan dengan tangan, supaya udara yang ada di dalam adonan bisa keluar.

Angkat adonan yang sudah mengembang ke tempat yang rata permukaannya, lalu taburi tangan dengan sedikit terigu supaya adonan tidak lengket, kemudian gulung-gulung adonan agak memanjang, sambil di tekan-tekan agar udara yang masih tersisa keluar dari adonan.

Potong-potong adonan sesuai selera, tergantung mau seberapa besar roti sosisnya.

Ambil satu potong adonan, lalu gilas memanjang, kemudian isi dengan sosis, dan bungkus sosis dengan adonan.

Potong-potong adonan yang sudah di beri isi sosis tersebut, tapi jangan sampai putus bund ya. Lalu buka potongan adonan roti sosis, ke sisi kiri dan ke kanan, berlawanan, seperti yang terlihat di foto.

Letakkan roti sosis di atas loyang yang sudah di olesi sedikit mentega, lalu diamkan selama 20 menit kembali untuk ferementasi tahap 2.

Jika adonan sudah mengembang kembali, langsung panggang di dalam oven yang sudah di panaskan di dengan suhu 200 C selama 15 menit /sampai matang atau sesuaikan dengan suhu oven masing-masing bund ya.

Selesai deh! Kini Roti sosis panggang hangat dari dalam oven, siap bunda sajikan dengan saus mayo atau sesuai selera.

Selanjutnya kita bikin roti goreng isi sosis, dari adonan yang sama. Ambil satu potong adonan, lalu gilas memanjang, kemudian lilitkan ke satu buah sosis dan diamkan selama 20 menit untuk fermentasi kedua, lalu goreng sampai matang. Jangan lupa cubit-cubit bagian sambungan pada ujung lilitan adonan, supaya tidak terbuka sewaktu di goreng.

Dan alhamdullilah hasil roti goreng isi sosis ini menul-menul, empuk dan lembut sekali, siap bunda sajikan. eummmm nyam nyam....

Selamat mencoba dan jangan lupa setelah bunda mencoba resep ini upload hasilnya di Facebook RESEP INIRecipes


Resep & Foto by Diah Didi

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments