Tips Membuat Kulit Tortilla Yang Lembut, Empuk dan Mudah Digulung

Tips Membuat Kulit Tortilla Yang Lembut, Empuk dan Mudah Digulung

Tips Membuat Kulit Tortilla Yang Lembut, Empuk dan Mudah Digulung

Tips Membuat Kulit Tortilla Yang Lembut, Empuk dan Mudah Digulung
Resep Kulit Tortilla Homemade - Membuat kulit tortilla wrap ini sebenarnya bukan hal yang baru lagi buatku, sampai beberapa kali aku coba bikin dari berbagai resep tortilla yang bersliweran di internet dan hasilnya selalu kurang memuaskan.

Terakhir kali aku bikin menggunakan tepung gandum utuh, meskipun berhasil di gunakan untuk menggulung tumisan daging cincang dan saus salsa tapi lembaran roti yang kurang lebar dan kurang luwes ketika di tekuk, alhasil kulitnya susah untuk menampung bahan isian yang banyak. Obsesiku membuat tortilla teksturnya yang lemas, empuk, dan mudah di gulung jadi sobek. tapi aku tidak berakhir di situ saja, selalu coba dan coba lagi.

Akhirnya aku tertarik dengan makanan Meksiko yang memang rasanya cukup terkenal yummmy, Salah satunya ialah enchiladas. Makanan ini terbuat dari kulit tortilla yang diisi dengan suwiran daging ayam atau daging sapi berbumbu, lalu di gulung dan di tata pada sebuah loyang kemudian di siram dengan saus keju dan di panggang, setelah itu aku lantas bereksperimen untuk membuat kulit tortilla dan kali ini alhamdullilah hasilnya super duper mantap. berikut resep trotilla yang lembut, empuk, dan mudah di gulung dari www.inirecipes.id:

Homemade Kulit Tortilla

Bahan Bahan
  • Tepung terigu serba guna 200 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Minyak sayur 40 ml
  • Air hangat 125 ml

Cara membuat Kulit Tortilla

1. Persiapkan mangkuk, lalu masukkan semua bahan-bahan kulit tortilla, aduk dan uleni sampai lembut. Jika adonannya agak lengket, bisa bunda tambahkan lagi sedikit tepung, dan uleni kembali sampai rata, kemudian bagi adonan jadi 8 bagian, masing-masing bagian 40 gram, dan bulatkan, tutup dengan kain bersih, istirahatkan selama 15 menit.

2. Taburi permukaan meja dan kayu penggilas dengan sedikit tepung, lalu letakkan satu bola adonan tortila tadi.  Giling secara perlahan sampai melebar dan berbentuk bulat dengan diameter kira-kira 18 – 20 cm, dan pastikan permukaan meja bunda di taburi tepung dengan baik supaya adonan tidak lengket ya.

Tips supaya adonannya berbentuk bulat:

Gilas bulatan adonan di tengah sampai pipih bulat, lalu pegang adonan dengan tangan kiri sementara tangan kanan menggilas adonan dengan ujung kayu penggilas. Putar-putarkan adonan dengan tangan kiri supaya semua sisinya tergilas dengan baik. Gunakan bagian ujung kayu saja untuk menggilas dan taburi meja dengan tepung agar adonan mudah diputarkan.

Panaskan penggorengan datar anti lengket di atas api kecil, lalu panggang kulit tortila yang sudah digilas tipis hingga permukaannya terlihat mengeluarkan gelembung udara. kemudian balikkan, tekan permukaannya menggunakan spatula dan panggang sisi lainnya beberapa detik saja dan angkat. Bungkus rapat tortila dengan kain bersih agar tetap lembab. Lakukan sampai semua bulatan adonan habis.

Note:

Jangan berlebihan saat memanggang hingga permukannya menjadi kecoklatan ya. Asalkan telah  muncul gelembung udara di permukaan adonan, langsung balikkan dan masak sisi sebelahnya sekitar 10 detik saja, kalo terlalu lama memanggang nanti kulit akan kering, tidak lemas dan pecah saat kita gulung.

Selalu bungkus adonan tortilla dan tortilla yang telah dipanggang dengan dengan kain, jangan terkena udara langsung agar tortilla tetap lembab dan lemas.

Untuk menyimpannya, bunda bisa membekukan tortilla di dalam freezer selama 1 bulan lamanya, dengan cara letakkan potongan kertas baking di setiap lembaran tortilla, lalu masukkan ke dalam plastik, ikat rapat dan bekukan.

Ketika akan menggunakannya kembali, keluarkan tortilla dari dalam plastik, lalu bungkus rapat dengan kain bersih dan microwave selama 30 detik sampai kulit lemas. Atau diamkan di dalam bungkusan kain sampai kulit lemas pada suhu ruang.

Selamat mencoba! jangan lupa bagikan resepnya ke teman bunda yang lain dan kalo sudah eksekusi share di FB RESEP INIRecipes.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments