Resep Puding Nangka Vla Vanilla. Wangi, Lembut dan Laziiiiss

Tuesday, 5 April 2016

Resep Puding Nangka Vla Vanilla. Wangi, Lembut dan Laziiiiss

Resep Puding Nangka Vla Vanilla. Wangi, Lembut dan Laziiiiss
Puding Nangka Vla Vanila - Belakangan ini ibuku sering banget membeli buah nangka. Belinya sama orang yang suka cari buah nangka segar lalu dijual dari rumah ke rumah. Karena mama suka kasihan sama pedagang seperti ini, mama jadi suka beli kalau pedagang ini ngabarin kalau dia habis dapet nangka manis dan segar. Waktu itu pedagangnya sampe bela-belain dateng jauh-jauh ke rumah kami (kami habis pindahan rumah, jadi rumah yang sekarang ini jarak tempuhnya lebih jauh dari rumah pedagang itu). Karena udah jauh-jauh dateng, mama gak enak kalau cuma beli dikit. Alhasil  mama beli banyak dan setelah itu bingung nangka-nangka ini mau diapain..?

Nangkanya banyak, manis-manis, dan gede-gede. Sebagian udah habis dimakan bersama es dawet pas buka puasa. Tapi kok ya gak habis-habis nangkanya? Setengahnya masih ada dan udah “keblenger” juga sebenernya makan dawet pake nangka. Akhirnya aku kepikiran mau buat puding nangka aja. Kebetulan semua keluargaku di rumah suka banget sama puding dari buah asli. Tapi puding nangka?? Belum pernah ada yang coba di sini. Aku jadi tertantang mengolah nangka ini jadi puding yang lezat. Sempet hunting resep tapi akhirnya aku bereksperimen sendiri aja. Ini dia resepnya:

Puding Nangka Vla Vanila By Nieke

Bahan-bahan:
  • 350 gram nangka (atau dari 5-6 nangka berukuran besar), cuci, buang bijinya
  • 150 gram gula pasir
  • 700 ml air yang sudah dimasak
  • 2 sachet susu kental manis (kalau nangkanya udah manis, bisa dikurangi jadi 1 sachet aja, atau sesuai selera)
  • 1 bungkus nutrijell plain
  • 1 buah nangka untuk garnish, potong dagingnya kecil-kecil
  • Vla vanila (karena lagi males, aku pakai yang instan aja. Bisa juga bikin vla sendiri)

Cara Membuat Puding Vla Vanilla

1. Potong daging nangka mengjadi kecil-kecil, lalu blender

2. Di dalam wadah masukkan air dan gula, masak dengan api kecil hingga gula larut

3. Masukkan susu kental manis, aduk kembali

4. Masukkan nangka yang sudah diblender, aduk hingga nangka menyatu dengan larutan gula

5. Masukkan bubuk nutrijell. Aduk terus hingga nutrijell larut (jika tidak ingin bubuknya menggumpal bisa juga larutkan nutrijell terlebih dahulu dengan sedikit air hangat baru segera masukkan ke wadah campuran nangka).

6. Setelah masak, tuangkan ke dalam cetakan puding tahan panas. Dinginkan sebentar, lalu simpan ke dalam kulkas

7. Siapkan vlanya: larutkan bubuk vla bersama 200 ml air panas (atau baca instruksi di kemasan vla instan). Keluarkan puding nangka dari kulkas. Buka puding dari cetakan secara perlahan lalu pindahkan ke wadah cup.

8. Tuang vla ke sekeliling puding, lalu hias atasnya dengan potongan buah nangka. Simpan kembali ke dalam kulkas dan sajikan dingin.

Teksturnya lembut sekali, kenyal, dan segar karena ada vla dan potongan buah nangkanya. Asiknya lagi puding ini terbuat dari buah asli, jadi lebih yakin deh sama rasanya. ;))

Dan bener aja, puding nangka vla vanilaku laris manis. Semua suka! Kecuali Alif, soalnya dia gak gitu suka sama buah nangka. Sayang, ya.. Hihii.. ;))

Karena enak, mamaku “nantangin” aku buat bikin puding mangga yang enak, karena mangga di rumah kami sedang berbuah lebat. Wah wah, boleh tuh dicoba kapan-kapan :))

Cukup mudah kan membuatnya?

Selamat mencoba! ;)

Baca juga:

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

You Might Also Like:

AdBlock Detected!

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×