Tuesday, 21 June 2016

Pertama Kali Membuat Rainbow Cake Kukus Pakai Resep Ny. Liem Langsung Sukses dan Lembuuut Banget

Pertama Kali Membuat Rainbow Cake Kukus Pakai Resep Ny. Liem Langsung Sukses dan Lembuuut Banget
Resep Rainbow Cake Kukus Ny. Liem - Ceritanya minggu lalu bersama dua orang temanku, mbak Ida dan Tek Nouny praktek bikin Rainbow Cake (RBC). Sudah pengennnnn banget bikin cake ini karena di FB jeng Juliani dan Mbak Milan sudah bikin duluan. Tapi bayangin ribetnya proses pembuatannya jadi maju mundur mau bikin sendiri.

Nah kok kebetulan, Mbak Ida baru pulang kursus dari Bandung dan salah satu resep yang di demokan ya RBC ini. Jadi kami mencoba untuk membuat RBC ini dengan menggunakan resep Ny. Liem oleh-oleh dari kursus Mbak Ida di Bandung.

Sempat terjadi kehebohan saat membuatnya, seharusnya loyang yang digunakan adalah ukuran loyang diameter 22 cm. Qadarallah beli loyangnya salah ukuran jadi diameter 24 cm. Yang seharusnya satu resep ini bisa dibuat 2 cake. Akhirnya cuma bisa bikin 1 cake saja. Karena setelah kami coba paksakan 2 cake, ternyata tiap layernya terlalu tipis...dan setelah dioven jadinya kayak telur dadar...hehhehe. Udah gitu si adek ikutan heboh ngaduk2 adonan, jadi karena adonannya terlalu banyak diaduk permukaan cakenya jadi bolong-bolong dan berpori. But overall......senengggggggg dan seruuuuu...malah ketagihan lagi pengen praktek bareng lagi kapan-kapan. Hayukk ahh....panjang banget ceritanya ya..xixixiix, kita intip resepnya yukkk!!!!

Rainbow Cake Kukus

Bahan Bahan
  • 4 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh SP
  • 150 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 bungkus kara kecil @65 ml
  • 150 cc minyak goreng
  • 1/2 sendok teh vanila
  • 1/2 sendok teh garam
  • Pewarna makanan


Cara Membuat Rainbow Cake Kukus

1. Campur terigu, dengan susu bubuk lalu ayak dan sisihkan.

2. Mixer telur, dengan gula, garam hingga gula hancur, lalu masukkan sp kemudian mixer kembali sampai mengembang dan berjejak.

3. Turunkan kecepatan mixer, lalu masukkan campuran terigu secara bertahap. kemudian Mix sebentar, dan masukkan juga susu kental manis & santan. Mix lagi sebentar saja, asal rata

4. Masukkan minyak lalu aduk balik menggunakan spatula.

5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai persediaan warna.

6. Ambil loyang alasi dengan kertas roti lalu oles minyak.

7. Kukus masing-masing warna selama 7 menit ( ini untuk cake yang dilapisi butter). kukusan sudah dipanaskan terlebih dahulu dan bungkus tutupnya dengan kain serbet bersih.

8. Setelah semua selesai, olesi perbagian dengan butter cream/whippe cream. Saya buat butternya dari 150 gram mentega putih, 50 gram mentega, 75 gram gula halus, 1 sachet skm/susu kental manis.

9. Potong-potong dan sajikan.

Selamat mencoba!

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

You Might Also Like:

AdBlock Detected!

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×