INILAH 16 Jenis Makanan Ibu Hamil/Menyusui Agar Kulit Bayi Putih Bersih, Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

INILAH 16 Jenis Makanan Ibu Hamil/Menyusui Agar Kulit Bayi Putih Bersih, Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

INILAH 16 Jenis Makanan Ibu Hamil/Menyusui Agar Kulit Bayi Putih Bersih, Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan
Bayi yang lahir dengan kulit putih bersih memang menjadi dambaan setiap orang tua. Memiliki bayi putih mulus juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya, seperti saat menyusui. Ibu menyusui yang ingin memiliki bayi berkulit bersih dan mulus harus lebih selektif dalam memilih makanan. Walaupun sering diabaikan, akan tetapi makanan yang dikonsumsi saat menyusui sangat berpengaruh pada kebersihan kulit bayi.

Melihat bayi yang memiliki kulit putih bersih tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi para orang tua maupun orang sekitar. Selain faktor keturunan, kulit bayi yang bersih juga bisa didapatkan dari makanan Ibu yang sedang menyusuinya. Para Ibu yang ingin memiliki bayi yang putih dan bersih, sebaiknya mengonsumsi makanan berikut ini.

Makanan Ibu Menyusui Agar Kulit Bayi Putih Bersih dan Sehat

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup ternyata efektif membantu mencerahkan kulit bayi, terlebih jika diminum oleh Ibu menyusui. Bahkan selama masa kehamilan pun juga harus cukup mengonsumsi air putih agar air ketuban lebih jernih. Jika air ketuban lebih jernih maka akan mempengaruhi kulit bayi. Para Ibu yang sedang dalam masa menyusui juga harus lebih banyak minum air putih agar produksi ASI meningkat dan tidak mengalami dehidrasi.

2. Air Kelapa

Air kelapa tidak hanya dianjurkan diminum selama masa kehamilan tetapi juga saat menyusui. Kandungan antioksidan yang terdapat pada air kelapa mampu menghindai dehidrasi pada Ibu menyusui. Rajin mengonsumsi air kelapa selama menyusui akan membuat kulit bayi lebih bersih dan sehat. Selain itu, air kelapa juga dapat ditemukan dengan mudah.

3. Sayuran Hijau

Sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi siapa saja. Terlebih bagi Ibu yang sedang dalam masa kehamilan maupun menyusui. Sayuran hijau tak hanya dipakai untuk mencukupi kebutuhan serat tetapi juga membantu mencerahkan kulit bayi agar senantiasa putih bersih. Sayuran hijau yang dikonsumsi Ibu menyusui akan berdampak langsung pada bayi. Sayuran memang mudah untuk didapatkan sehingga siapa saja bisa menikmatinya.

4. Kacang Hijau

Ibu menyusui harus lebih banyak makan makanan yang mengandung asam folat maupun protein. Asam folat dapat ditemukan pada kacang hijau. Ada berbagai pilihan menu yang dapat disajikan dari kacang hijau. Selain menyehatkan, mengonsumsi kacang hijau selama menyusui juga berpengaruh terhadapat kecerahan kulit bayi yang akan membuatnya lebih putih. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Ibu-ibu sebaiknya sering mengonsumsi kacang hijau selama hamil agar air ketuban jernih dan akan membuat kulit bayi lebih cerah.

5. Susu Kedelai

Ibu menyusui memerlukan lebih banyak tambahan nutrisi agar ASI nya lancar. Ini juga bisa didapatkan dari susu kedelai. Seperti diketahui sejak dulu, kedelai tak hanya mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh tetapi juga membantu mencerahkan kulit. Banyak kosmetik yang memakai bahan dasar kedelai agar menghasilkan wajah putih dan cerah. Begitu juga dengan Ibu menyusui yang rutin mengonsumsi susu kedelai, tentu akan membuat kulit bayi lebih putih secara alami.

6. Bengkoang

Manfaat dari buah yang satu ini nampaknya suah tidak asing lagi bukan? Bengkoang sudah sejak dulu dipercaya sebagai pencerah kulit. Agar hasil yang didapat lebuh aman, Alangkah lebih aman, sebaiknya para Ibu menyusui lebih sering mengonsumsi bengkoang. Bengkoang akan membantu mencerahkan kulit bayi dan membuat bayi terlihat putih bersih.

7. Buah Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang tidak hanya membantu menjaga daya tahan tubuh, tetapi juga dapat membantu mencerahkan kulit bayi. Vitamin C sangat baik untuk kesehatan kulit, maka dari itu Ibu yang sedang menyusui sebaiknya mengonsumsinya secara rutin. Vitamin C yang paling mudah didapatkan dengan mudah yaitu dari buah jeruk.

8. Jus Anggur

Buah yang satu ini memiliki kandungan AHA yang sangat baik untuk kecerahan kulit. Khususnyan bagi Ibu menyusui yang rutin mengonsumsi anggur diyakini dapat membuat kulit bayi lebih cerah dan bersih. Bayi dengan kulit yang putih ternyata tidak hanya faktor gen, tetapi bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang membantu mencerahkan kulit, salah satunya buah anggur. Untuk membantu mencerahkan kulit, buah anggur dapat dimakan langsung maupun sibuat jus anggur supaya lebih segar.

9. Biji Adas

Adas merupakan tanaman tradisional yang tidak hanya berkhasiat untuk Ibu hamil saja, tetapi juga dapat membantu memutihkan bayi saat di konsumsi oleh Ibu menyusui. Selain mencegah mual saat hamil, biji adas juga berkhasiat memutihkan kulit secara alami. Itulah sebabnya Ibu menyusui disarankan mengonsumsi biji adas secara teratur.

10. Menghindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak sangat tidak dianjurkan untuk Ibu menyusui, hal ini karena makanan yang mengandung lemak dapat mempengaruhi kulit bayi yang tidak bersih. Para Ibu tentu tidak mau jika memiliki bayi yang kulitnya kurang bersih. Bayi yang kulitnya kurang bersih juga disebabkan karena Ibu sembarangan ketika memilih makanan. Untuk itu, hindari makanan berlemak ya Bund.

11. Nanas

Beberapa orang beranggapan bahwa nanas tidak baik untuk Ibu hamil karena masih terpacu dnegan mitos. Benar tidaknya memang menjadi kepercayan tersendiri. Akan tetapi, nanas yang dikonsumsim oleh Ibu menyusui ternyata dapat membantu mencerahkan kulit bayi. Buah nanas sangat mudah untuk didapat, jadi cobalah untuk mengonsumsi nanas agar kulit bayi lebih cerah.

12. Putih Telur

Khasiat putih telur ternyata tidak hanya mampu merawat kekencangan kulit wajah, tetapi juga dapat membantu memutihkannya. Ini juga berlaku untuk bayi. Bagi para Ibu yang ingin kulit bayi bersih, maka konsumsilah Putih telur saat menyusui. Selain mengandung protein juga dapat membantu membuat kulit bayi lebih putih.

13. Almond

Almond seringkali dipakai untuk bahan campuran coklat. Tak hanya memiliki rasa yang enak, almond ternyata dapat mencerahkan warna kulit bayi. Ini sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu menyusui karena efeknya lebih cepat terlihat. Mengonusmsi almond juga sangat baik untuk Ibu hamil agar tidak mudah terkena morning sickness

14. Blueberry

Buah yang satu inin juga mengandung Antioksidan yang baik dikonsumsi untuk Ibu menyusui. Ibu yang sedang dalam masa menyusui lebih membutuhkan energi. Blueberry mengandung vitamin, mineral dan karbohidrat yang penting untuk menambah energi dan menjauhkan Ibu menyusui dari rasa lelah. Khasiat buah blueberry juga bermanfaat untu mencerahkan kulit bayi sehingga tampak putih.

15. Roti Gandum

Roti gandum biasanya sering digunakan sebagai cemilan wajib untuk Ibu menyusui. Dengan mengonsumsinya sesering mungkin, tentu saja akan menghindarkan rasa lapar pada Ibu menyusui. Roti Gandum banyak mengandung Asam folat yang penting untuk Ibu menyusui maupun bayi. Selain itu, makanan yang kaya akan gandum sangat baik untuk mencerahkan kulit, terutama bayi yang sedang mengonsumsi ASI karena efeknya lebih terasa

16. Kentang

Bagi Ibu menyusui pasti mudah lelah dan kekurangan energi. Apalagi jika bayi lebih sering menyusu, tentu akan membuat Ibu cepat lapar. Tapi kentang akan membantu mengenyangkan dalam waktu lama dan aman untuk lambung. Kandungan yang terdapat pada kentang juga dapat membuat kulit bayi menjadi putih dan cerah. Untuk itu, kentang sangat baik dikonsumsi oleh Ibu hamil maupun menyusui

Setiap makanan yang dikonsumsi Ibu menyusui memiliki pengaruh yang kuat terhadap bayi. Maka pemilihanj makanan harus lebih hati-hati. Adapun beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh Ibu menyusui karena tak hanya mempengaruhi produksi ASI tetapi juga berdampak langsung pada bayi.

Jenis Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

1. Ikan Laut

Walaupun Ikan laut memiliki kandungan omega dan DHA untuk perkembangan otak, akan tetapi ini tidak boleh dikonsumsi oleh Ibu menyusui karena akan mempengaruhi kualitas ASI. Beberapa ikan laut yang dijual dan masih berbau amis yang dikonsumsi Ibu menyusui hanya akan mengakibatkan gangguan buruk pada saraf bayi.

2. Minuman Yang Mengandung Kafein

Ibu yang ingin memiliki bayi yang sehat, sebaiknya menahan untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, soda dan makanan yang mengandung kafein lainnya. Jika tetap mengonsumsi makanan tersebut selama menyusui maka akan berpengaruh langsung terhadap bayi seperti susah tidur dan lebih rewel.

3. Minuman Beralkohol

Alkohol sangat tidak baik untuk dikonsumsi siapa saja, khususnya bagi Ibu menyusui karena akan mengurangi produksi ASI dan membuatnya sulit utuk keluar. Efek Ibu yang menyusi mengonsumsi alkohol bagi bayi adalah bayi kurang bergairah, mudah ngantuk dan sulit untuk diajak beraktifitas.

4. Makanan Yang Dapat Mengurangi Produksi ASI

ASI yang berlimpah tentu akan menjadi kabahagiaan tersendiri bagi Ibu-ibu karena bayi akan lebih banyak dalam mengonsumsinya hingga kebutuhan ASI tercukupi. Ibu menyusui harus pintar dalam memilih makanan dan menghindari jenis makakan yang akan menghambat keluarnya ASI. Agar memiliki ASI yang banyak sebaiknya konsumsilah daun katuk dan sayuran hijau lainnya.

BACA JUGA YANG INI:

INILAH 16 Jenis Makanan Ibu Hamil/Menyusui Agar Kulit Bayi Putih Bersih, Sehat dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Baca Juga Ini