Ketiak Kamu Cepat Basah dan Bau Akibat Keringat Berlebih? Yuk, Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini

Ketiak Kamu Cepat Basah dan Bau Akibat Keringat Berlebih? Yuk, Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini

Ketiak Kamu Cepat Basah dan Bau Akibat Keringat Berlebih? Yuk, Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini
INIRecipes.ID - Ketiak basah?!? BIG NO! Meskipun ketiak basah adalah suatu kondisi yang normal, apalagi saat tubuh memproduksi keringat berlebih, hal ini bisa bikin seseorang mati gaya dan minder. Bagaimana tidak minder, mau angkat lengan tinggi-tinggi, eh, malu karena noda keringat kentara banget di area ketiak.

Belum lagi jika ketiak yang basah menimbulkan bau dan sialnya tercium oleh orang lain. Duh, rasanya pengin menghilang saja saking malunya. Eits…eits…eits…tunggu, jangan pesimis dulu karena Kita Muda punya cara ampuh untuk megatasi ketiak basah yang diakibatkan oleh keringat berlebih.

Kira-kira apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini, sebagaimana dilansir dari Brightside.me.

1. Ketika ketiak sudah terlanjur basah dan kamu enggak pengin ketiak basahmu menimbulkan bau, usapkan sabun cuci tangan antibakteri pada ketiakmu.

Ini adalah cara yang bisa kamu aplikasikan ketika berada dalam situasi genting: kamu mendapati ketiakmu basah dan sedikit berbau, tapi enggak memungkinkan banget buat mandi. Ya, entah saat itu kamu sedang ada di kampus atau di kantor.

Untuk mengatasinya, pertama-tama bersihkan ketiakmu dengan tisu yang telah dibasahi. Kalau sudah, usapkan sabun cuci tangan antibakteri di ketiakmu. Sabun akan langsung membunuh kuman-kuman yang menyebabkan bau.

2. Hidrogen peroksida berfungsi sebagai antiseptik yang mampu membunuh kuman sekaligus mencegah bau yang timbul akibat keringat berlebih.

Untuk menghindari ketiak basah yang kemungkinan besar akan menimbulkan bau tak sedap, kamu bisa mengusapkan campuran 1 sdt hidrogen peroksida dan ½  cup air pada ketiak bersihmu setiap pagi sehabis mandi.

3. Cara ampuh selanjutnya untuk mencegah keringat berlebih adalah gunakan baking soda.

Yup, baking soda ternyata bisa disulap menjadi cairan isotonik alami yang membantu mengurangi keringat berlebih, lho! Cara membuat cairan isotonik dari baking soda sangat mudah, kok.

Kawan Muda tinggal mencampurkan 2 sdm baking soda, 1 sdt garam, 1 sdt gula, dan 1 liter air. Campurkan bahan-bahan hingga merata dan minumlah cairan tersebut sebanyak 1 cup setiap paginya. Jika enggak sanggup, kamu bisa mengurangi takarannya, kok.

4. Pakailah produk antiperspirant yang memiliki kandungan alumunium klorida yang tinggi.

Ternyata oh ternyata, antiperspirant dengan kandungan aluminium klorida yang tinggi, secara signifikan mampu mengurangi produksi keringat bahkan dalam cuaca panas sekalipun.

Memang, banyak yang berpendapat bahwa senyawa ini bisa memicu kanker payudara. Namun hingga saat ini, tak ada penelitian terkait yang membuktikan hal tersebut.

5. Jika cara-cara di atas tak mampu atasi keringat berlebih, segera periksakan dirimu ke dokter.

Tahukah kamu kalau keringat berlebih bisa jadi tanda gejala penyakit serius seperti gagal jantung dan diabetes? Nah, kalau kamu merasa berkeringat lebih banyak dari biasanya, coba konsultasikan kondisimu ke dokter.

Oh ya, keringat berlebih juga bisa menunjukkan gejala hiperhidrosis, yaitu sebuah kondisi yang mana seseorang berkeringat berlebihan, padahal tidak melakukan aktivitas berat apa pun. Gejala ini bisa disembuhkan dengan terapi laser ablasi, yaitu menonaktifkan kelenjar keringat ketiak dengan panas yang dihasilkan dari kanula laser yang ada di bawah kulit.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara-cara ampuh untuk mencegah ketiak basah dan bau? Kalau begini sih, enggak bakal ada lagi tuh awkward moment gara-gara area ketiak bajumu basah.

Selamat mencoba di rumah dan semoga tips di atas bermanfaat ya, ,!!

BACA JUGA YANG INI:

Ketiak Kamu Cepat Basah dan Bau Akibat Keringat Berlebih? Yuk, Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini

Baca Juga Ini