Bunda Punya Gigi Yg Berlubang? INI DIA Cara Paling Ampuh Mengatasi Gigi Yg Berlubang Tanpa Harus Pergi ke Dokter!

Bunda Punya Gigi Yg Berlubang? INI DIA Cara Paling Ampuh Mengatasi Gigi Yg Berlubang Tanpa Harus Pergi ke Dokter!

Bunda Punya Gigi Yg Berlubang? INI DIA Cara Paling Ampuh Mengatasi Gigi Yg Berlubang Tanpa Harus Pergi ke Dokter!
Apakah saat ini ada gigi anda yang berlubang. Sebaiknya  hati-hati, sebab hal itu bisa memicu timbulnya sakit gigi yang menyiksa suatu saat nanti. Nah bila saat ini anda sedang mengalami gigi berlubang dan tidak mau menambal ke dokter gigi, maka sedikit tips mengenai cara mengatasi gigi berlubang tanpa harus di tambal ini, bisa bermanfaat.

1. Wajib untuk menghindari gula yang berlebihan

Minuman tinggi gula akan mendemineralisasikan struktur pada gigi sehingga terbentuklah rongga. Gula bisa menjadi bumerang bila anda tidak memperkirakan kadar pengonsumsiannya. Selain itu, gula juga akan menghidupkan bakteri pada mulut yang akan mencegah gigi memperoleh cairan sehat karena kondisi mulut yang asam.

Jadi, mulai sekarang, anda harus menjauhi minuman-minuman bersoda, permen manis, dan makanan yang menyimpan gula dalam jumlah banyak. Hindari pula konsumsi sirup maple atau madu sebagai campuran minuman seperti jus karena mereka juga turut berkontribusi menciptakan ronga pada gigi.

2. Hindari asam fitat

Asam fitat adalah zat yang tidak bisa dicerna oleh manusia dan hewan non-ruminansia karena tidak memiliki enzim fitase. Akibat dari tidak terprosesnya zat ini, maka asam fitat akan dikeluarkan dari tubuh bersama kotoran. Kenyataan tersebut membuat asam fitat semakin memperburuk keadaan, ditambah lagi ia adalah zat pengikat zn, fe, ca, dan mg. Bayangkan, bagaimana bila tubuh kekurangan mineral-mineral penting tersebut? Tentunya banyak masalah yang timbul pada daerah tulang dan gigi.

Mungkin selama ini kita tahu kalau kacang kedelai adalah sumber vitamin untuk tulang, tapi di sisi lain (setelah mengetahui ini) ternyata juga tidak baik untuk tulang. Bagaimana bisa? Jadi begini, pengolahan kacang kedelai dengan cara direndam sebelum diolah menjadi susu akan mengurangi kadar asam fitat dalam jumlah yang signifikan, bahkan bisa mencapai 100%.

Makanan yang menyimpan asam fitat dan tidak diolah secara baik sebelum dikonsumsi akan merusak struktur gigi karena kekurangan mineral-mineral penting yang dibutuhkan tadi. Untuk tambahan informasi, beberapa nama makanan yang memiliki asam fitat adalah kacang almond, tahu, kacang buncis, kedelai, jagung, kacang tanah, tepung gandum, gandum utuh, susu kedelai, oatmeal, beras belum dicuci dan sudah dicuci, dan kacang panjang. Kurangilah konsumsi makanan tersebut agar cara mengatasi gigi berlubang tanpa ditambal ini bisa membawa hasil yang diinginkan.

3. Perbanyak konsumsi susu sapi serta  makanan bernutrisi

Susu sapi murni banyak berkontribusi terhadap kesehatan tubuh manusia. Seperti yang semua orang ketahui, susu adalah nutrisi terbaik untuk tulang dan gigi karena diperkaya dengan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan seng. Susu sapi murni tanpa rasa sudah sangat membantu anda yang ingin menutup rongga di gigi secara alami tanpa ditambal.

4. Pasta gigi

Melakukan mineralisasi pada gigi atau melapis ulang email gigi bisa anda ambil sebagai satu solusi yang cukup efektif dalam upaya mengatasi gigi berlubang tanpa perlu ditambal. Proses ini bisa dilakukan oleh fluoride. Bagaimana cara kerja fluoride?

Fluoride akan membantu proses remineralisasi dan memperkuat permukaan gigi yang sudah dirusak oleh asam yang terproduksi akibat keberadaan bakteri di dalam mulut. Pemakaian pasta gigi berfluoride secara terus-menerus dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi dan melindungi gigi dari kerusak serta memperbaiki kerusakan yang telah terjadi.

Fluoride bekerja dengan dua cara:

Melapisi dan memperkuat email gigi sehingga tidak mudah digerus oleh asam mulut dan mengurangi terjadinya kerusakan gigi ataupun masalah gigi berlubang.
Merangsang email gigi untuk memperbaiki kerusakan ringan pada gigi dengan menstimulasi penyerapan kalsium. Dengan berjalannya tahapan ini, gigi berlubang bisa teratasi tanpa harus menambalnya ke dokter gigi.

Anda bisa melakukan mineralisasi dengan memakai pasta gigi berflouride atau bisa dengan membuatnya sendiri, ikuti panduan berikut.
Persiapkan 4 sdm minyak kelapa, 2 sdm baking soda, dan 1 sdm xylitol
Tak lupa teteskan 20 kali minyak cengkeh esensial dan 20 tetes bubuk magnesium
Campur semuanya sampai berbentuk pasta, gunakan untuk menggosok gigi secara rutin

5. Memakai minyak menarik

Minyak menarik sangat efektif untuk membunuh segala jenis bakteri jahat yang bersemayam di dalam mulut kita. Permasalahan umum seperti gusi berdarah, penyakit gusi, dan kerusakan gigi bisa benar-benar dipulihkan olehnya. Dan bahkan, minyak menarik ini bisa meningkatkan kesehatan mulut dan membuat gigi lebih putih.

Tidak heran bila pengobatan jenis ini sekarang sangat laku di amerika serikat. Anda bisa mencoba metode simpel ini. Minyak menarik bisa kita dapat dari biji wijen, kelapa, minyak zaitun, atau bunga matahari. Cara melakukannya adalah dengan memutar-mutarkan (atau sedikit berkumur) dengan minyak menarik selama 15 – 20 menit di pagi hari saat baru bangun tidur. Cairan yang keluar akan berwarna putih dan itu tandanya bahwa racun ikut keluar bersama air liur dan minyak tersebut. Lakukan terus setiap hari hingga anda melihat hasil yang mengejutkan.

Bagaimana sudah tahu kan sekarang caranya mengatasi gigi berlubang tanpa harus di tambal. Nah untuk berikutnya, adalah tips mengenai cara mengatasi gigi berlubang besar hitam di depan.

Wajib selalu menjaga kebersihan gigi

Kebersihan area gigi haruslah terjamin, itu karena sisa bekas makanan yang masih lekat menempel di gigi bisa menyebabkan kuman bakteri berkembang serta menimbulkan plak hitam yang akan bisa membuat gigi anda menjadi keropos ataupun berlubang. Biasakanlah menggosok gigi minimalnya 2 kali dalam sehari, apabila perlu anda bisa juga menggunakan obat kumur & floss ” benang gigi ” buat membersihkan bekas sisa makanan tersebut. Sebab menurut saya, dengan menyikat gigi saja tidaklah cukup. Itu karena menggosok gigi tidaklah mampu menjangkau area tersempit dan juga terdalam di gigi.

Konsumsi makanan dan minuman yang berkalsium tinggi

Makanan serta minuman yang didalamnya banyak mengandung zat kalsium dapatlah membantu tulang serta gigi anda menjadi lebih kuat dan juga tak mudah keropos di usia muda. Gigi kuat tidaklah akan jadi mudah diserang oleh plak ataupun karang gigi, meskipun begitu anda haruslah tetap menjaga selalu kebersihan gigi serta mulut agar napas tetaplah segar.

Pola makan yang sehat

Aturlah selalu setiap makanan yang dimakan, sebaiknya hindarilah jenis makanan yang bisa membuat bakteri mudah berkembang di gigi. Makanan kalau banyak mengandung seperti karbohidrat & asam membutuhkan waktu yang cukup lama buat bersih dari dalam mulut. Sehingga bisa disimpulkan bahwa hal tersebut dapatlah membuat bakteri menjadi tumbuh subur serta menyebabkan plak gigi yang dapatlah membuat gigi mudah keropos.

Gunakan  fluoride

Fluoride akan membantu mencegah mmeperbaiki dan juga mengatasi gigi geraham dan depan yang keropos, dan fluoride tersebut biasanya terkandung di pasta gigi. Akan tetapi, kebutuhan fluoride yang berasal pasti gigi saja sebenarnya tidaklah cukup, anda bisa menambah lagi asupan fluoride melalui penggunaan obat kumur teratur serta rutin sehabis kita melakukan menggosok gigi.

Nah di atas adalah tips bagaimana cara mengatasi gigi berlubang, keropos dan hitam pada bagian depan selamat mencoba. Dan berikutnya tips ini buat anda yang mempunyai gigi kuning dan berusaha membuatnya putih. Langsung saja berikut ini caranya

1. Stroberi

Cara penggunaannya yakni dengan menghaluskan terlebih dahulu stroberi kemudian rutin menggosok-gosokan stroberi pada gigi setiap hari sehingga efek whitening dari stroberi menjadikan gigi lebih putih. Perhatikan! Setelah melakukan cara ini, anda perlu menggosok gigi dengan bersih sehingga kandungan gula yang ada pada gigi dapat hilang.

2. Baking soda

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi, caranya dengan mencampur 3 sendok makan baking soda dengan satu sendok air. Lalu diaduk hingga menjadi pasta yang kental. Anda bisa menggunakan pasta ini untuk menyikat gigi. Perhatikan! Jangan menggunakan cara ini setiap hari karena dapat mengikis enamel pada gigi. Anda cukup melakukannya sekali dalam seminggu.

3. Kulit pisang

Anda bisa mengupas pisang kemudian mengambil kulitnya. Gunakan kulit pisang, kemudian gosok-gosokan selama dua sampai lima menit pada gigi. Lalu diamkan beberapa menit kemudian bersihkan gigi anda dengan menggosok gigi. Anda bisa melakukan cara ini satu hingga dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Sikat gigi 30 menit setelah makan

Biasakan gosok gigi 30 menit setelah makan, terutama jika anda makan makanan manis atau asam. Ini dikarenakan menggosok gigi segera setelah makan terutama makanan yang manis atau asam bisa mengembalikan gula atau asa tersebut pada gigi.

5. Daun salam

Cara penggunaannya juga sangatlah mudah yakni dengan menghaluskan daun salam hingga halus. Kemudian anda bisa mencampurkan kulit jeruk yang sudah kering dan telah dihaluskan. Gunakan sedikit air lalu campurkan hingga menjadi pasta, lalu anda bisa menggunakannya sebagai peutih gigi.

6. Kulit jeruk

Kulit jeruk bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi. Anda bisa menggunakan sisi putih atau bagian dalam dari kulit jeruk dan menggosokannya pada gigi anda selema beberapa kali sehari sehingga gigi anda nampak menjadi lebih putih. Namun, karena jeruk mengandung vitamin c maka gigi akan sensitiv terhadap cara tersebut.

7. Buah dan sayuran

Apel, wortel dan juga seledri bisa membantu dalam memutihkan gigi anda. Buah dan sayuran ini memiliki fungsi yang baik untuk membersihkan gigi tanpa merusak bagian enamel gigi anda.

8. Lemon

Lemon mempunyai kandungan asam sitrat yang fungsinya bisa sebagai pemutih alami gigi anda. Cara meraciknya juga cukup mudah, pertama siapkan sepotong lemon yang kemudian bisa anda gunakan untuk menggosok gigi dengan sepotong lemon tersebut.

9. Gunakan minyak mustard dan garam saat gosok gigi

Silahkan di coba menggunakan minyak mustard dan garam yang digunakan sekali dalam sebulan. Menggosok gigi dengan menggunakan minyak mustard dan garam dipercaya mampu membantu dalam membersihkan warna makanan dan plak yang menempel pada gigi anda. Gunakan jari-jari anda untuk menggosok gigi dengan bahan ini atau anda juga bisa menggunakan kapas untuk membersihkan gigi anda tersebut.

10. Air putih

Air putih bisa berfungsi untuk membersihkan gigi. Meskipun begitu, hal ini bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi minuman yang berwarna. Minuman berwarna boleh saja untuk dikonsumsi namun minuman yang mengandung pewarna bisa membuat gigi menjadi kusam dan kotor. Apabila anda suka mengkonsumsi minuman yang memiliki pewarna, sebaiknya anda selingi dengan minum air putih agar gigi tetap bersih.

11. Pakai obat kumur

Agar gigi terlihat putih bersih, biasakanlah menggunakan obat kumur. Selain itu, obat kumur membuat nafas lebih segar. Namun, pilihlah obat kumur yang tidak berwarna karena obat kumur yang memikiki warna lama-kelamaan akan menjadikan warna gigi menjadi gelap.

12. Minyak kelapa

Membersihkan gigi bisa juga menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa bisa dikombinasi dengan jenis bahan lainnya sehingga menjadi pasta dan bisa digunakan menjadi pasta gigi. Penggunaanya mudah, yakni dengan menggunakan tiga sendok makan minyak kelapa, tiga sendok makan baking soda, 25 tetes minyak esentian peppermint dan satu sachet stevia.

Cara pembuatannya juga mudah yakni dengan mencampurkan minyak kelapa dan baking soda kedalam mangkuk kemudian menganduknya dengan menggunakan garpu hingga menjadi rata. Setelah itu bisa menambahkan minyak esentian peppermint, stevia lalu diaduk sampai menyerupai seperti pasta gigi. Anda bisa menggunakan pasta gigi ini untuk membersihkan gigi anda agar gigi tetap bersih dan bebas bau mulut.

Demikian di atas adalah beberapa tips dalam mengobati gigi berlubang tanpa di tambal dan mengatasi gigi kuning agar menjadi putih bersih. Semoga bermanfaat

BACA JUGA YANG INI:

Bunda Punya Gigi Yg Berlubang? INI DIA Cara Paling Ampuh Mengatasi Gigi Yg Berlubang Tanpa Harus Pergi ke Dokter!