Hanya Dengan Melakukan 2 Hal Ini, Si Kecil Akan Tertidur Pulas tanpa Terbangun Sepanjang Malam!

Hanya Dengan Melakukan 2 Hal Ini, Si Kecil Akan Tertidur Pulas tanpa Terbangun Sepanjang Malam!

Hanya Dengan Melakukan 2 Hal Ini, Si Kecil Akan Tertidur Pulas tanpa Terbangun Sepanjang Malam!
INIRecipes.ID - Minggu lalu mertua dan ipar saya datang berkunjung ke rumah dengan membawa bayinya yang baru lahir. Melihat raut muka ipar saya yang mulai bosan, saya bertanya padanya, “Bagaimana keadaanmu? Kamu tampak begitu lelah dan mengantuk.” Langsung ia menjawab, “Kak, kamu tidak tau, saat hari masih terang, anak ini begitu baik, gampang banget jaga dia, pagi hari habis minum susu, langsung tidur, setelah bangun, bermain sebentar, gak nangis, gak lapar dan gak ribut.

Tapi saat malam hari, aku harus terus menggendongnya sambil menyusui, itu tidak boleh lepas, jika lepas maka ia akan terbangun dari tidurnya, menangis begitu keras. Lagipula setiap malam, dia bisa terbangun 3-4 kali, sampai-sampai malam ini pun aku tidak bisa tidur nyenyak, terbangun terus karena tangisannya, benar-benar sangat melelahkan.”

Saya tiba-tiba teringat, dulu saat membesarkan 2 anak saya ini, saya juga mengalami hal yang sama saat membesarkan anak pertama saya. Ada masa-masa di mana ia tidak mau terlepas dari puting susu, baru bisa tidur pulas. Tapi akhirnya, ia berhasil meninggalkan kebiasaan jelek ini.

Jika ketemu dengan kondisi di mana anak bayi baru akan tertidur pulas jika digendong dan didekap oleh sang ibu sambil minum susu, sedangkan jika diletakkan ke ranjang, ia langsung terbangun, maka seharusnya sang ibu harus berbuat begini:

Saat anak sudah mulai tertidur saat mengisap susu, jika kamu merasa anak sudah tidak mengisapnya lagi, maka segeralah menariknya keluar dari mulut si anak, jangan biarkan dia mengemutnya terus-terusan. Kemudian dekap anakmu dengan lembut, biarkan dia merasakan kehangatan dekapanmu, agar ia merasa aman saat tidur.

Gendonglah sebentar lagi, dan saat kamu merasa bahwa bayimu sudah tertidur lelap, barulah perlahan coba meletakkan anak di atas ranjang, ini akan lebih mudah bagimu untuk melepaskan si anak. Dengan cara ini bayimu akan merasa nyaman dan tidak akan mudah terkejut dan terbangun.

Pastinya para ibu juga tau, saat anak tidur, ada saat di mana mereka akan tiba-tiba terkejut dan terbangun tanpa ada gangguan di sekitarnya, bukan? Itu terjadi karena si bayi masih belum bisa beradaptasi dengan lingkungan luar yang mengelilinginya. Kamu bisa menggunakan kain untuk membungkus tubuhnya dengan erat (bukan berarti sangat erat ya), ini akan membantu menciptakan suasana yang sama seperti dalam rahim. Dengan cara ini, anak akan tertidur lebih nyenyak. Kamu juga bisa menggunakan bantal untuk menyangga bagian tubuh anak.

Bagaimana jika anak tidak bisa tidur nyenyak saat malam hari, sering terbangun, tidak tidur pulas? Ini bukan hanya tidak baik bagi sang anak saja, namun juga bagi orang tua. Jadi, harus bagaimana?

Pertama, kamu harus memastikan bahwa bayimu sudah dalam keadaan kenyang. Karena masalah yang sering terjadi adalah si bayi sangat malas, baru mengisap beberapa isapan saja, mereka sudah tertidur, akhirnya, karena gak minum susu yang cukup, perut mereka pun akan lapar dan sebentar-sebentar akan terbangun terus. Jika kamu sudah sadar bahwa bayimu telah terlelap dan berhenti mengisap susunya, maka kamu harus memastikan agar ia terus melanjutkan minum susu, setidaknya sekitar 40 menit lagi.

Setelah itu, pastikan bahwa popok anakmu selalu dalam keadaan kering, jika ia pipis, segeralah mengganti popoknya agar ia dapat melanjutkan tidurnya dengan nyaman dan lelap.

Dengan memastikan beberapa tips di atas kamu lakukan dengan baik, maka sekarang kamu dan bayimu pun dapat beristirahat dengan lelap di malam hari. Buat kamu yang baru menjadi ibu, perlu banget buat tau ini, anak tidur pulas, demikian juga dengan ibu. Jika dirasa artikel ini bermanfaat mohon kiranya untuk bantu share sebanyak-banyaknya !

BACA JUGA YANG INI:

Hanya Dengan Melakukan 2 Hal Ini, Si Kecil Akan Tertidur Pulas tanpa Terbangun Sepanjang Malam!

Baca Juga Ini